Tunanetra Asal Sumatera Utara Berangkat Haji Bersama Istri

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Sabtu, 27 Mei 2023
0 dilihat
Tunanetra Asal Sumatera Utara Berangkat Haji Bersama Istri
Calon jemaah haji dari Kota Tebingtinggi, Ramli dan istrinya bertolak ke Mekkah dari Bandara Kualanamu Internasional Airport di Kabupaten Deli Serdang. Foto: Dokumentasi tim Kemenag Sumatera Utara

" Ramli, seorang penyandang tunanetra asal Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara menjadi calon jemaah haji 1444 Hijiriah atau tahun 2023 ini "

MEDAN, TELISIK.ID - Ramli, seorang penyandang tunanetra asal Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara menjadi calon jemaah haji 1444 Hijiriah atau tahun 2023 ini.

Pria lanjut usia (lansia) ini menjadi calon jemaah haji dan bertolak ke Madinah, Mekkah melalui Bandara Kualanamu Internasional Airport yang berada di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (27/5/2023) sekira pukul 10:45 WIB.

Kepada sejumlah awak media, Ramli mengaku, berangkat haji adalah kewajiban yang harus ditunaikan saat masih hidup di dunia.

Baca Juga: Satu Jemaah Haji Lansia dari Sumatera Utara Gagal ke Mekkah, Ini Sebabnya

“Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan dengan catatan kita mampu baik secara finansial dan juga fisik. Saya bersyukur tunanetra tidak menjadi kendala seseorang bisa menunaikan haji. Alhamdulillah, rasa syukur saya sampaikan karena diberi kesempatan berangkat haji,” ucapnya.

Ramli merupakan pensiunan guru di PTPN 4. Dari hasil gaji tersebut, ia menabung dan memberanikan diri untuk mendaftar. Ia yang akan berangkat ditemani istri terus berikhtiar. Walau tak bisa melihat, hal itu tak menyurutkan niatnya untuk menunaikan ibadah haji.

“Tentu tidak mudah. saya terus berikhtiar. Alhamdulillah, Allah SWT mewujudkan doa kami. Kini saya menunaikan haji ditemani istri yang menjadi mata, telinga dan tangan serta memandu saya menjalankan ibadah,” lanjutnya.

Ramli beserta istri telah mendaftar haji sejak tahun 2012. Dia berangkat bersama istrinya seharusnya di tahun 2020 dan sempat melaksanakan manasik haji dengan pembimbing. Namun karena pandemi COVID-19 melanda, akhirnya tertunda.

“Tahun 2022 sebenarnya istri saya dapat panggilang melaksanakan ibadah haji. Saya tidak bisa ikut karena terkendala usia saat itu. Akhirnya istri saya menunda karena ingin bersama saya. Siapa yang menemani saya nanti. Akhirnya kami sepakat pergi bersama tahun ini," terangnya.

Kasubbag Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara, M Yunus membenarkan, Ramli masuk ke kloter empat dan sudah bertolak ke Mekkah melalui Bandara KNIA.

"Alhamdulillah, saudara kita Bapak Ramli sudah berangkat. Kita doakan seluruh calon jemaah haji bisa sampai di Mekkah dengan selamat, melaksanakan ibadah dengan sehat dan khusyuk dan kembali ke daerah asal dengan sehat dan selamat di jalan," ungkap Yunus.

Diakui Yunus, Ramli datang dari Kota Tebingtinggi dan tiba di Asrama Haji Medan pada Jumat 26 Mei 2023. Kemudian kesehatannya diperiksa.

"Dikarenakan seluruh jemaah calon haji sudah selesai diproses, sehingga mereka semua bertolak ke Mekkah. Jumlah yang berangkat hari ini 358 jemaah. Ada dua orang yang batal berangkat dikarenakan berpindah kloter. Alhamdulillah, hari ini semua semua calon haji dalam keadaan sehat," terangnya.

Terpisah, Humas PT Angkasa Pura Aviasi (AVI) Kualanamu, Yuliana Balqis ketika dikonfirmasi mengaku, kloter 4 sudah berangkat dari Bandara KNIA.

"Kondisi cuaca baik, sehingga pesawat berangkat. Untuk hari ini, jadwal penerbangan menuju Mekkah hanya satu kloter saja. Setiap harinya satu kloter yang bertolak ke Mekkah," ucapnya.

Dari 358 jemaah ini, terdiri dari laki-laki sebanyak 144 sedangkan wanita 214. Seluruh calon jemaah haji berasal dari Kota Binjai, Tebingtinggi dan Kabupaten Tapanuli Utara.

Baca Juga: 12 Jemaah Calon Haji Berangkat ke Mekkah Gunakan Kursi Roda

"Adapun jemaah dari Kota Tebingtinggi sebanyak 258 jemaah, Binjai 93 jemaah, Tapanuli Utara sebanyak 9 jemaah dan ditambah petugas haji. Totalnya menjadi 358 jemaah," tuturnya.

Seluruh jemaah untuk kloter 4 berangkat dengan menggunakan Maskapai dari Garuda dengan nomor penerbangan GA3104.

"Cuaca hari ini sangat baik, sehingga pesawat yang bertolak ke Mekkah ini bisa berangkat. Kita doakan seluruh jemaah bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat dan tepat waktu," terangnya. (A)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga