UHO Akan Berangkatkan 12 Mahasiswa FT Magang di Negeri Sakura

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Rabu, 06 Oktober 2021
0 dilihat
UHO Akan Berangkatkan 12 Mahasiswa FT Magang di Negeri Sakura
Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Zamrun mengatakan, fasilitas diberikan mulai dari proses seleksi, kemudian akan melakukan koordinasi dengan tempat magang mahasiswa FT nantinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, siap memfasilitasi mahasiswa Fakultas Teknik (FT), untuk melaksanakan magang di Negeri Sakura, Jepang.

Zamrun mengatakan, fasilitas diberikan mulai dari proses seleksi, kemudian akan melakukan koordinasi dengan tempat magang mahasiswa FT nantinya.

"Jadi tetap kita fasilitasi, melalui dekannya, dengan Wakil Dekan III dan Wakil Dekan I, serta Ketua Jurusannya, serta ada MoU-nya nanti karena kalau tidak ada MoU, kita tidak akan bisa," jelasnya.

Sementara itu, Dekan FT UHO, Dr.Edward Ngii mengatakan, sebanyak 12 mahasiswa Teknik Mesin dinyatakan lulus seleksi dan akan melaksanakan magang di perusahaan mobil  Daihatsu yang ada di Jepang.

"Mereka sudah siap, sekarang persiapan bahasa sedang di-upgrade lagi," kata Edward.

Edward menambahkan, secara akademik, FT akan mengkonversi aktivitas mahasiswa yang melaksanakan magang ke Jepang terhadap mata kuliah yang ada di FT UHO.

"Sehingga nanti ada proses penilaian, ada pertemuan antara mahasiswa, dosen pembimbing di sana dengan dosen di sini untuk merumuskan nilainya berapa di mata kuliah ini," jelasnya.

Muhammad Dzulhijjah, salah satu peserta magang yang akan berangkat ke Jepang mengaku senang dan bangga. Ia berharap dengan adanya magang tersebut bisa menambah wawasan dan mengharumkan nama universitas dan Jurusan Teknik Mesin UHO di tingkat internasional.

Baca Juga: UHO Genjot Kemitraan Demi Mudahnya Mahasiswa Masuk Dunia Kerja

Baca Juga: Dewan Segera Panggil Pihak Terkait Bahas Pasar Swadaya Mokoau

"Semua tidak terlepas dari dukungan birokrasi terkhusus dosen-dosen kami di Teknik Mesin yg membimbing kami sehingga berhasil lulus dan magang ke Jepang. Semua itu tidak lepas dari doa orang tua," ujarnya.

Mahasiswa yang lain, Zulhan mengaku, kiat-kiat yang dilakukan hingga bisa berhasil lulus magang ke Jepang yaitu, nonton YouTube, bagaimana menjawab dengan tepat saat interview serta menghafal Jikoushokai (perkenalan diri) dalam bahasa Jepang.

"Semoga dengan magang ini bisa memantik mahasiswa khususnya mahasiswa teknik agar selalu mementingkan IPTEK untuk bisa bersaing di dunia pekerjaan ke depannya serta bisa menumbuhkan bibit-bibit unggul untuk Fakultas Teknik, universitas, dan negara kita," harapnya.

Untuk diketahui, 12 mahasiswa akan diberangkatkan magang ke Jepang pada bulan Januari 2022 mendatang. (A)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga