Resmikan Los Sayur Pasar Baruga, Pj Wali Kota Kendari Minta Warga Tak Sembarang Jualan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 06 Januari 2024
0 dilihat
Resmikan Los Sayur Pasar Baruga, Pj Wali Kota Kendari Minta Warga Tak Sembarang Jualan
Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup saat ikut meresmikan los sayur Pasar Baruga. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Peresmian ini merupakan salah satu cara Pemkot Kendari dalam mengatasi maraknya masyarakat yang memanfaatkan bahu jalan untuk berdagang "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 72 los dan 6 unit kios Pasar Baruga diresmikan oleh Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup. Peresmian ini merupakan salah satu cara Pemkot Kendari dalam mengatasi maraknya masyarakat yang memanfaatkan bahu jalan untuk berdagang.

Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, selain memberikan kenyamanan bagi penjual dan pembeli. Termasuk juga sebagai sarana distribusi perdagangan, terutama dalam mengimbangi pertumbuhan pasar modern seperti mall yang menjamur di Kota Kendari.

"Saya mengimbau kepada OPD dan Forkopimda, serta masyarakat untuk memanfaatkan produk-produk lokal, baik itu makanan maupun pangannya," kata Muhammad Yusup saat memberikan sambutan, Jumat (5/1/2024).

Peresmian los sayur di Pasar Baruga, Pemkot Kendari juga akan merevitalisasi Pasar Wua Wua, Paddys Market dan pasar tradisional lainnya.

Baca Juga: Pasar Baru Wuawua Bakal Dikelola Perumda, DPRD Tekankan Harus Kembali Ramai

"Dengan diresmikannya pasar ini kita berharap bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pedagang, agar bisa mengakomodir semua kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat," kata Muhammad Yusup.

la juga menyampaikan, pembangunan pasar tradisional ini akan memberikan dampak yang cukup besar dalam kemajuan Kota Kendari, utamanya dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya yang katagori menengah ke bawah.

Baca Juga: Plt Bupati Muna Gratiskan Retribusi Pasar Rakyat Katumpu Tongkuno Selatan

"Kami menitip pesan kepada pedagang pasar tradisional khususnya Pasar Baruga agar selalu menjaga kebersihan pasar sehingga menjadi layak dan bersih," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae sangat berterima kasih atas perhatian Pj Wali Kota Kendari. Hasil revitalisasi pembangunan los dan 6 unit kios serta 4 fasilitas mes yang dilakukan selama 4 bulan.

Dalam merevitalisasi pasar ini, Pemkot Kendari memperoleh bantuan dari Kementerian Perdagangan senilai Rp 3 miliar. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga