Plt Bupati Muna Gratiskan Retribusi Pasar Rakyat Katumpu Tongkuno Selatan

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 04 Januari 2024
0 dilihat
Plt Bupati Muna Gratiskan Retribusi Pasar Rakyat Katumpu Tongkuno Selatan
Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta meresmikan pasar rakyat Katumpu, Tongkuno Selatan. Foto: Sunaryo/Telisik

" Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta meresmikan pasar rakyat Katumpu, di Desa Labasa, Kecamatan Tongkuno Selatan "

MUNA, TELISIK.ID - Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta meresmikan pasar rakyat Katumpu, di Desa Labasa, Kecamatan Tongkuno Selatan, Kamis (4/1/2024).

Karena pasar itu baru beroperasi, Bachrun pun akan menggratiskan retribusi selama beberapa bulan kedepan. Hal itu dilakukan agar para pedagang bisa lebih fokus berdagang dan membenahi kios-kiosnya.

"Jangan dulu ada yang bayar sewa," kata Bachrun.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Muna itu juga mengapresiasi adanya tambahan kios yang dibangun secara swadaya.

Baca Juga: Pemda dan Kemenag Muna Barat Kolaborasi Turunkan Angka Stunting

"Dimana-mana saya sering sampaikan, kita tidak bisa maju bila hanya Rusman Emba dan Bachrun yang bekerja. Karenanya dibutuhkan kerja sama kita semua," katanya.

Ia pun berjanji akan memenuhi fasilitas yang kurang di pasar Katumpu seperti, listri, MCK dan akses jalannya.

"Kita akan bicarakan soal penganggarannya," timpalnya.

Sementara itu, Kadis Perdagin Muna, Hardani Muuri menerangkan, pasar rakyat Katumpu dibangun tahun 2022 menggunakan dana pinjaman pemulihan ekonomi nasional (PEN) sebesar Rp 500 juta.

Baca Juga: Polres Muna Musnahkan 9,7 Ton Miras Tradisional dan 563 Knalpot Brong

Awalnya, pasar belum bisa digunakan, lantaran tidak bisa menampung pedagang secara keseluruhan. Namun dalam perjalanannya, puluhan kios-kios dibangun secara swadaya yang itu sangat membantu.

"Sebelum adanya pasar Katumpu, pedagang berjualan di pasar Wale-Ale, Wakuru dan kecamatan sekitar. Alhamdulillah, saat ini, pedagang di Kecamatan Tongkuno Selatan, sudah dapat menggunakan pasar ini," terangnya.

Sesuai rencana, pasar akan beroperasi dua kali dalam seminggu. Karenanya, ia berharap para pedagang dapat menjaga dan merawat kios-kiosnya sehingga dapat memberikan kontribusi bagi perekonomian daerah. (B)

Penulis : Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga