Reuni Akbar 7 Tahunan Suku Buton Cia Cia Laporo Hadir se-Nusantara di Kota Baubau

Febriyani, telisik indonesia
Minggu, 20 Agustus 2023
0 dilihat
Reuni Akbar 7 Tahunan Suku Buton Cia Cia Laporo Hadir se-Nusantara di Kota Baubau
Pembukaan reuni akbar 7 tahunan suku cia cia laporo yang diselenggarakan di lapangan sepak bola, Kelurahaan Karyabaru Bugi, Kota Baubau. Foto: Ist.

" Masyarakat cia cia laporo karyabaru-bugi Kota Baubau, mengadakan reuni akbar 7 tahunan di lapangan sepak bola Kelurahan Karyabaru Bugi "

BUTON, TELISIK.ID - Masyarakat cia cia laporo karyabaru-bugi Kota Baubau, mengadakan reuni akbar 7 tahunan di  lapangan sepak bola Kelurahan Karyabaru Bugi.

Kegiatan itu dimulai dengan pemukulan gong dan diikuti oleh tarian kolosal, tarian linda dan penampilan marching band SMAN 6 Baubau.

Event 7 tahunan itu, diikuti oleh 16 kontingen di antaranya Kota Samarinda, DKI Jakarta,  Kabupeten Raja Ampat, Kabupaten Moa, Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kota Ambon, Kabupaten Bintuni, Kabupaten Wamena, Kabupaten Asmat (Agas), Kabupaten Tual, Kabupaten Timika, Kabupaten Dobo, Ternate, dan tuan rumah karyabaru, bugi.

Kegiatan itu menunjukan, betapa kuatnya rasa persaudaraan di antara rumpun masyarakat cia cia laporo karyabaru bugi, baik di wilayah SulawesinTenggara maupun dari Sabang sampai Merauke. Itu tidak lepas dari komando lembaga adat, lembaga masyarakat cia cia laporo karyabaru bugi.

Baca Juga: Heboh, Dua Rumah dan Sejumlah Kendaraan di Kabupaten Buton Dirusak

Saat ini masyarakat cia cia laporo hampir ada diseluruh wilayah nusantara dan berperan penting di berbagai kegiatan, mulai dari bidang pemerintahan, hukum, ekonomi, jasa dan sebagainya.

Dalam keterangannya, Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, mengapresiasi masyarakat cia cia laporo bugi-karyabaru, baik yang ada di perantauan maupun di Baubau, yang menyelenggarakan reuni 7 tahunan itu.

"Harapannya selalu jaga solidaritas, dan di mapaun kita berada di negeri rantau agar selalu menjaga nama baik daerah," harapnya, Minggu (20/8/2023).

Baca Juga: Kejari Buton Tambah Daftar Tersangka Kasus Korupsi Bandara Kargo Buton Selatan

Sementara Ketua panitia, Sianto mengatakan, reuni 7 tahunan itu telah memasuki ke-5 kali, sejak tahun 1995, dan masyarakat perantau setiap 7 tahun sekali itu, berkumpul dengan keluarga, silaturahim, dan pesta adat, singgelo toowa, serta ditambah dengan olahraga dan seni.

"Harapannya di samping memperkokoh kebersamaan masyarakat cia cia laporo masyarakat karya baru bugi ini, juga untuk mengevaluasi perkembangan masyarakat karya baru bugi baik yang tinggal di kampung, maupun di perantauan, yang dievaluasi adalah bidang pendidikan, ekonomi, budaya, politik dan agama," urainya.

Sekedar diketahui reuni akbar ini dimulai sejak 16-17 di kampung lama, dengan kegiatan tapak tilas, kemah budaya dan ziarah akbar nasional. Lalu pada  22 dan 24 Agustus akan dilaksanakan pesta adat (ma,ata,a) karyabaru dan bugi, pada  26 Agustus akan digelar reuni TNI-Polri, lalu pada hari puncak 6 September akan digelar seminar budaya, ekonomi dan pendidikan. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga