Review Laptop Advan Harga Rp 2 Jutaan dan Cara Merawat

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Rabu, 22 November 2023
0 dilihat
Review Laptop Advan Harga Rp 2 Jutaan dan Cara Merawat
Laptop Advan harga Rp 2 jutaan, kualitas tidak murahan dengan berbagai kualitas. Perangkat canggih ini memiliki bobot yang ringan 1,4 Kg dan tebal 2,2 Cm, dengan sokongan performa yang jempolan. Foto: gizmologi.id

" Advan tahun ini merilis laptop keluaran terbarunya di pasar Indonesia dengan harga Rp 2 jutaan dengan nama produk Advan Soulmate. Ini selaras dengan tujuan perusahaan untuk mewujudkan impian "Indonesia 1 Siswa 1 Notebook untuk yang berani jadi Juara" "

KENDARI, TELISIK.ID - Advan tahun ini merilis laptop keluaran terbarunya di pasar Indonesia dengan harga Rp 2 jutaan dengan nama produk Advan Soulmate. Ini selaras dengan tujuan perusahaan untuk mewujudkan impian "Indonesia 1 Siswa 1 Notebook untuk yang berani jadi Juara".

Meskipun tergolong murah, nyatanya Soulmate tidak murahan. Perangkat canggih ini memiliki bobot yang ringan 1,4 Kg dan tebal 2,2 Cm, dengan sokongan performa yang jempolan.

Dilansir dari inet.detik.com, berikut review Advan Soulmate, yang mungkin bisa menjadi referensi detikers sebelumnya memutuskan untuk membelinya.

Desain:

Seluruh bagian dari laptop ini masih menggunakan plastik. Tapi saat digunakan masih terasa kokoh. Konsep minimalis yang diusungnya semakin terlihat, ketika membuka laptop ini. Advan cuma menempatkan tulisan Soulmate di bagian kiri. Sedangkan bagian kanan hanya ada satu stiker bertuliskan Intel Celeron.

Baca Juga: Mana Unggul, Macbook atau Laptop Biasa?

Seperti laptop pada umumnya, Advan Soulmate juga disajikan dengan beragam colokan. Kurang lebih ada dua buah USB 3.0, satu USB 2.0, colokan type-c, lubang charger, dan headset.

Keyboard dan Trackpad:

Keyboard menjadi salah satu elemen yang cukup penting di laptop. Jika tombol-tombol ini tidak bisa memberikan kenyamanan, kegiatan mengetik menjadi terganggu dan tidak maksimal.

Beruntungnya itu tidak terjadi di Advan Soulmate. Anak-anak bisa mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan nyaman.

Layar:

Dilansir dari carisinyal.com, layar pada laptop besutan perusahaan lokal ini memiliki panel TN (Twisted Nematic) dengan ukuran 14 inci. Sudah terasa pas untuk segala kebutuhan, baik itu menonton, browsing dan lain sebagainya.

Panel tersebut mengusung resolusi 1366 x 763 piksel atau biasa disebut dengan HD. Salah satu keunggulan panel TN adalah response time-nya yang cukup baik, serta viewing angle yang cukup terbatas sehingga cocok pekerja kantoran agar isi layar tidak diintip orang lain.

Layar pada laptop ini memiliki bezel yang cukup tipis di sekelilingnya. Hal ini membuat rasio bodi-ke-layar menjadi sangat tinggi lantaran nyaris semua permukaan dipakai untuk menampung layar. Selain itu, kualitas layar yang ditampilkan pun terasa jelas dan jernih.

Baterai:

Advan Soulmate sejatinya tidak dibekali dengan dapur pacu yang begitu powerful, karena hanya dirancang untuk kebutuhan ringan sehari-hari. Layarnya pun mengusung resolusi HD yang tidak begitu boros daya. Sehingga, hal-hal ini semakin menambah daya pakai laptop saat tidak tercolok ke listrik. Laptop terjangkau ini diketahui hadir dengan kapasitas baterai 5.000 mAh atau 38 WHrs.

Tips Merawat Laptop Murah Rp 2 Jutaan

Setelah membeli laptop murah Rp 2 jutaan seperti Advan Soulmate, Anda perlu merawatnya dengan baik agar awet dan tahan lama. Berikut beberapa tips merawat laptop murah Rp 2 jutaan yang dilansir dari advan.id:

Baca Juga: Deretan Rekomendasi Laptop Terbaik 2023, Cocok untuk Kerja dan Kuliah

Jaga kebersihan laptop: 

Bersihkan laptop secara rutin, terutama pada bagian keyboard dan layar. Gunakan kain microfiber atau lap khusus laptop untuk membersihkan permukaan layar.

Gunakan cooling pad: 

Jika Anda sering menggunakan laptop dalam waktu yang lama, gunakan cooling pad untuk membantu mendinginkan suhu laptop dan menjaga kinerja optimal.

Hindari penggunaan di tempat yang lembap atau panas: 

Laptop lebih rentan terhadap kerusakan jika digunakan di lingkungan yang lembap atau panas. Usahakan untuk menggunakan laptop di tempat yang sejuk dan kering. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga