Ribuan Etnis Bali Tumpah Ruah di Alun-Alun Pemda Konawe Selatan dalam Festival Budaya

Nyoman Andre Mahendra, telisik indonesia
Minggu, 06 Agustus 2023
0 dilihat
Ribuan Etnis Bali Tumpah Ruah di Alun-Alun Pemda Konawe Selatan dalam Festival Budaya
Tarian kolosal pada festival budaya masyarakat etnis Bali di Konawe Selatan. Foto: Nyoman Andre Mahendra/Telisik

" Guna meningkatkan dan membangkitkan keberagaman di Konawe Selatan, Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) laksanakan festival budaya Bali season dua "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Guna meningkatkan dan membangkitkan keberagaman di Konawe Selatan, Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) laksanakan festival budaya Bali season dua, Minggu (6/8/2023).

Berlokasi di alun-alun Pemda Konawe Selatan, acara berlangsung dengan menghadirkan ribuan masyarakat, khususnya warga Bali yang berada di wilayah Konawe Selatan, serta acara itu bebas di tonton untuk umum.

Kegiatan festival budaya tersebut sudah pernah terlaksana pula di Konawe Selatan di Desa Jati Bali, Kecamatan Ranomeeto Barat. Saat ini kegiatan difokuskan di Andoolo, ibu kota Konawe Selatan.

Baca Juga: Basarnas Evakuasi Kapal Ambulance Angkut Puluhan Penumpang

Kegiatan itu menampilkan beberapa keindahan dan keunikan kultur budaya Bali di antaranya, lomba baleganjur atau biasa dikenal dengan lomba alat musik kesenian Bali, lomba gebokan, tari kolosal serta fashion show busana adat Bali.

Kegiatan sangat meriah dan antusias masyarakat Bali untuk mengikutinya, giat juga menampilkan tarian kolosal para Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) se-Konawe Selatan yang memenuhi lapangan lokasi kegiatan tersebut

Ketua panitia festival budaya, Wayan Suliadnya menyampaikan, kegiatan itu konsisten dilakukan untuk melestarikan budaya Bali di tanah rantau, serta menguatkan keberagaman yang dimiliki di Konawe Selatan.

"Total peserta 1.963 orang dari berbagai item kegiatan, semoga kegiatan seperti ini bisa selalu konsisten untuk dilaksanakan," ujar Wayan Suliadnya.

Baca Juga: Rayakan Hari Suci di Bulan Kemerdekaan, Begini Keunikan Umat Hindu Rayakan Galungan

Dalam sambutannya, Pembimas Hindu Sulawesi Tenggara, I Komang Sukeyasa mengapresiasi kegiatan itu dengan menyampaikan, festival budaya sangat bagus untuk mengingatkan dan membangkitkan kembali rasa cinta generasi muda terhadap budayanya.

"Momen yang baik, apalagi kegiatan ini dilaksanakan pada saat bulan kemerdekaan, tentu ini menjadi penyelarasan antara dharma agama dan dharma negara," ungkapnya.

Sementara Bupati, Surunuddin Dangga menyampaikan, Konawe Selatan adalah miniatur Indonesia.

"Pemerintah Konawe Selatan menyambut festival ini, karena kegiatan ini juga merupakan ajang silahturahmi kita semua," ungkap Surunuddin.

Festival budaya itu diharapkan dapat menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama masyarakat. (A)

Penulis: Nyoman Andre Mahendra

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga