Detik-Detik Anoa Hewan Endemik Sulawesi Tenggara, Masuki Kawasan Perusahaan di Routa Konawe

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Kamis, 11 Juli 2024
0 dilihat
Detik-Detik Anoa Hewan Endemik Sulawesi Tenggara, Masuki Kawasan Perusahaan di Routa Konawe
Cuplikan video saat hewan Anoa melintasi kawasan perusahaan di Routa, Konawe. Foto: Screenshoot video

" Tengah viral di jagad maya media sosial Facebook, hewan endemik Anoa diduga memasuki kawasan perusahaan di area perusahaan Routa, Kabupaten Konawe "

KONAWE, TELISIK.ID - Tengah viral di jagad maya media sosial Facebook, hewan endemik Anoa diduga memasuki kawasan perusahaan di area perusahaan Routa, Kabupaten Konawe.

Hal tersebut berdasarkan postingan Facebook dari akun @sultraviral.com yang dilihat Telisik.id, Kamis (11/7/2024) pagi. Postingan itu telah mencapai 10 ribu tayangan dan dibagikan puluhan kali.

Postingan itu telah mendapatkan 86 likes dan 44 komentar. Dalam postingannya, tertulis, "Hewan langka endemik Anoa yang merupakan ikon Prov. Sultra masuk dalam kawasan Perusahaan di Routa Kab. Konawe."

Sontak hal tersebut memancing reaksi netizen, dan mereka ramai-ramai memberikan tanggapan. Beberapa netizen menunjukkan kekhawatiran.

"Pertanyaannya: anoa yang masuk di kawasan tambang atau tambang yang masuk di kawasan anoa? Salam akal sehat," tulis akun @alfi faizal indanda.

Baca Juga: Populasi Satwa Endemik Anoa Sulawesi Tenggara Dipastikan Aman

Baca Juga: Puluhan Burung Endemik Wakatobi Diselundupkan

"Tumben ini barang dia monea," tulis @bang min. "Lestarikan habitat anoa," tulis @Jumail Yato. "Perusahaan yang masuk dalam kawasan mereka," tulis Adhi Sparta.

"Habitatnya dirusak karena keserakahan," ucap July Al-ghifary. "Biasanya anoa kalau lihat baju merah pasti dikejar, tapi ini dia jinak seakan-akan tidak peduli dengan sekitarnya," ucap @Siti Harna Rombe dalam kolom komentar.

Sampai saat ini, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait. Namun, hal tersebut telah memancing reaksi warganet karena eksistensi Anoa sebagai hewan endemik Sulawesi Tenggara. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga