Ribuan Ikan Muncul di Permukaan, Diduga karena Kekurangan Oksigen

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Kamis, 14 Januari 2021
0 dilihat
Ribuan Ikan Muncul di Permukaan, Diduga karena Kekurangan Oksigen
Puluhan warga meyaksikan fenomena munculnya ikan di permukaan air di Kota Baubau. Foto: Ridwan Amsyah/Telisik

" Dari kemarin ini ikan. Kalau setahu saya belum pernah terjadi begini, baru kemarin dengan hari ini. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Ribuan ekor ikan jenis tembang yang terdampar di Kali kota Baubau menghebohkan masyarakat sekitar bantaran kali pada Kamis pagi (14/1/2021).

Warga yang berdatangan mengaku, fenomena tersebut sudah terjadi sejak kemarin sore.

"Dari kemarin ini ikan. Kalau setahu saya belum pernah terjadi begini, baru kemarin dengan hari ini," ujar LM Faisal, warga Kelurahan Loji, Kota Baubau.

"Bahasa di sini ikan lompa, tidak tahu bahasa Indonesianya. Saya kurang tahu juga, kalau dulu ikan teri kecil-kecil kalau ini ikan lompa," tambahnya.

 

Warga menangkap ikan yang muncul ke permukaan. Foto: Ridwan Amsyah/Telisik

 

Faisal mengaku, ikan yang ditangkap hanya untuk dimakan.

Sementara itu La Bakri Doang, warga Kanakea Kelurahan Nganganaumala mengatakan, fenomena tersebut terjadi sejak pukul 8.00 wita tadi pagi.

"Jam delapan tadi, kita tangkap pakai jaring, dan sudah dua tempat kita dapat ini," ucap Bakri Doang.

La Bakri juga mengatakan, peristiwa ini sudah sering terjadi, namun baru kali ini  ia menyaksikan secara langsung.

Baca juga: Ribuan Ikan Muncul Secara Misterius Gegerkan Warga Baubau

Fenomena tersebut lantas menyebabkan warga berkerumun untuk menyaksikan secara langsung kejadian langka itu. Mendapati info tersebut, Sat Polres Baubau membubarkan warga yang berkerumun.

"Benar hari ini tanggal 14 kurang lebih pukul 7.30 Wita terjadi fenomena tersebut. Hal itu menyebabkan warga berkerumun untuk menyaksikan dan  mengambil ikan," jelas Kapolres Baubau AKBP Rio Chandra Tangkari saat ditanyai di lokasi munculnya ribuan ikan.

"Personel Polres Baubau langsung mengambil langkah-langkah pembubaran ketika masyarakat semakin banyak yang berkerumun dan sekarang  sudah berhasil dibubarkan," tambahnya.

Fenomena ribuan ikan muncul di permukaan kali ini terbilang fenomena yang langka. dikutip dari liputan6.com, Staf Pengajar Departemen Manajemen Sumber Daya Perairan IPB, Muklis Kamil mengatakan, fenomena tersebut biasanya terjadi akibat dari ikan kekurangan oksigen.

"Ya, sebenarnya fenomena cukup aneh, apalagi banyak orang menduga ada kaitan dengan seismik. Namun ini biasanya ikan kekurangan oksigen. Ikan tamban adalah jenis ikan permukaan yang butuh oksigen lebih. Misalnya karena adanya pencemaran di laut," tambahnya.

Menurut Muklis, kejadian serupa pernah terjadi di Aceh. "Ada pola arus, air yang lewat di Malaysia menuju perairan Aceh," jelasnya.

Namun, menurut Muklis, pengambilan sampel air dan ikan akan menjelaskan fenomena tersebut. Ia menjelaskan, ikan tamban yang di Indonesia disebut ikan tembang adalah termasuk jenis ikan sardin dan lemuru atau dalam bahasa latinnya Sardinella fimbriata.

"Ikan itu memang suka bergerombol. Jika ada sesuatu dengan air, maka akan meloncat ke permukaan," beber Muklis. (A)

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga