Ribuan Rumah Keluarga Miskin di Bombana Bakal Dibedah

Hir Abrianto, telisik indonesia
Senin, 25 Januari 2021
0 dilihat
Ribuan Rumah Keluarga Miskin di Bombana Bakal Dibedah
Rumah Baruga Moico, Program Gembira Sejatera Bupati Bombana. Foto: Hir/Telisik

" Tahun ini kami siapkan bantuan bedah rumah untuk masyarakat kurang mampu sebanyak 1086 unit tersebar pada 22 kecamatan dan kelurahan serta 121 desa. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman Rakyat (PUPR) memastikan pada tahun 2021, 1086 keluarga tidak mampu akan diberikan bantuan bedah rumah.

Bantuan bedah rumah ini merupakan program pemerintah daerah sebagai upaya pengentasan kemiskinan dengan program Gembira Sejahtera.

Kepala Dinas PUPR Bombana, Rusdiamin mengatakan, bahwa Pemkab Bombana sedang menyiapkan bantuan rumah untuk masyarakat keluarga yang tidak mampu atau memiliki rumah yang kondisinya sangat memprihatinkan.

“Tahun ini kami siapkan bantuan bedah rumah untuk masyarakat kurang mampu sebanyak 1086 unit tersebar pada 22 kecamatan dan kelurahan serta 121 desa," sebut Rusdiamin kepada Telisik.id saat dikonfimasi, Senin (25/1/2021).

Selain bedah rumah, lanjut Mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan ini menyebutkan, pemerintah juga menyiapkan bantuan untuk bangunan baru.

Baca juga: Rusman Paparkan Konsep Mai Te Wuna Dihadapan Sandiaga Uno

Pada pos bantuan rumah baru ini, masyarakat hanya menyiapkan lokasi untuk dibangunkan dari lantai hingga atap. Jumlah bantuan rumah baru yang disebutkan terdapat 120 unit rumah.

"Ada juga 120 unit untuk rumah baru. kami bangunkan masyarakat hanya menyiapkan lahannya saja," sebutnya.

Bila ditotalkan berdasarkan jumlah bantuan bedah rumah dan bantuan bangunan rumah baru maka jumlahnya mencapai 1206 unit. Adapun sebarannya adalah 260 unit yakni 140 unit untuk bedah rumah dan 120 unit bangunan baru disiapkan oleh Dinas Perumahan sendiri, 660 unit dibangun oleh pemerintah kecamatan.

Sementara dari program gembira tersebut kelurahan menyiapkan 44 unit rumah, serta 242 unit bakal dibangun oleh 121 desa yang bersumber dari APBD Desa. Setiap desa membangun 2 unit rumah.

Agar program tersebut tepat sasaran, Dinas Perumahan bekerja sama dengan Dinas Sosial setempat untuk verifikasi data calon penerima merujuk pada pelayanan terpadu satu pintu. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga