Rusman Paparkan Konsep Mai Te Wuna Dihadapan Sandiaga Uno

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 25 Januari 2021
0 dilihat
Rusman Paparkan Konsep Mai Te Wuna Dihadapan Sandiaga Uno
Bupati Muna, LM Rusman Emba bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Ist.

" Lokasi wisata kami sangat banyak. Ada Gua Prasejarah Liangkabori dan air tiga rasa. "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba terus mempromosikan daerahnya ke Pemerintah Pusat. Senin (25/1/2021), mantan senator DPD-RI itu bertemu dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno.

Dihadapan Sandiaga Uno, Rusman memaparkan konsep Mai Te Wuna (Ayo ke Muna). Kata Rusman, program Mai Te Wuna merupakan konsep untuk memperkenalkan potensi-potensi pariwisata dan program kerakyatan lokal yang ada di Bumi Sowite.

"Tahun 2017 lalu, kami pernah mengadakan festival pantai Maleura. Alhamdulillah, banyak wisatawan asing yang hadir dan ikut dalam kegiatan lomba. Salah satunya dari Negara Kenya," kata Rusman.  

Begitu juga dengan industri kreatif kain tenun Masalilj yang sudah tembus hingga ke mancanegara. Pada tahun 2019 lalu, tenun Muna ditampilkan di ajang Festival Indonesia Moscow, di Rusia. Tenunan yang telah dirancang menjadi busana itu banyak menyita perhatian warga setempat.

Baca juga: DPRD Mubar Pastikan Usulan Pengangkatan Bupati di Pemprov Sultra

"Lokasi wisata kami sangat banyak. Ada Gua Prasejarah Liangkabori dan air tiga rasa," sebutnya.

Ia berharap, kedepan ada perhatian serius dari Kemenparekraf terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya, sehingga dapat lebih terkenal lagi di masyarakat luas hingga merambah mancanegara.  

"Kami juga di Pemkab akan terus menggenjot potensi pariwisata yang ada," ujarnya.

Dalam video yang diterima Telisik.id, Sandiaga Uno menyambut positif program Mai Te Wuna yang telah dipromosikan Rusman. Ia menyebut program Mai Te Wuna harus sukses ke depanya.

"Kita akan bantu, termaksud pengembangan desa wisata," kata Sandiaga Uno dalam video itu. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga