Ribuan Warga Buton Tengah Padati Acara Joget Event Budaya Kasebu

Nur Fauzia, telisik indonesia
Senin, 24 Juni 2024
0 dilihat
Ribuan Warga Buton Tengah Padati Acara Joget Event Budaya Kasebu
Suasana acara joget di even budaya Kasebu, di Desa Wasilomata, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Ribuan warga memadati acara joget di even kebudayaan Kasebu, tepatnya di Desa Wasilomata, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, pada Minggu (23/6/2024) malam "

BUTON TENGAH, TELISIK.ID - Ribuan warga memadati acara joget di event kebudayaan Kasebu, tepatnya di Desa Wasilomata, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, pada Minggu (23/6/2024) malam.

Acara joget tersebut merupakan bagian dari event budaya Kasebu. Kasebu sendiri merupakan salah satu budaya yang digelar setiap tahunnya di Desa Wasilomata.

Zulkifli salah satu tokoh adat Desa Wasilomata kepada Telisik.id mengatakan, perayaan Kasebu merupakan pesta panen yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh masyarakat setempat sebagai bentuk syukur atas hasil panen yang berlimpah.

Ia mengungkapkan, di dalam gelaran budaya Kasebu ini ada beberapa kegiatan seperti ronggeng, gambusu, dan acara joget khusus untuk anak muda.

Baca Juga: Gua Liangkabori Muna, Situs Sejarah Peninggalan Manusia Purba yang Dikelilingi Benteng

Terpantau oleh media ini, banyak muda mudi bahkan orang tua ikut berjoget berlenggak lenggok mengikuti irama musik, dihiasi dengan lampu berwarna-warni ala diskotik.

Sementara itu Hesti, warga setempat yang turut meramaikan acara tersebut mengungkapkan, acara ini sangat seru, walaupun ia bersama teman-temannya tidak datang untuk mengikuti acara joget tapi dengan menonton saja sudah cukup menghibur.

Baca Juga: Pesona Gua Lanto, Destinasi Wisata Sakral di Baubau

Ia mengaku, sebagai masyarakat setempat sangat bangga dengan adanya kegiatan seperti ini, karena banyak orang yang datang berkunjung di daerahnya serta ikut menikmati acara kampung tersebut.

Kapolsek Mawasangka Muhammad Rusdin mengungkapkan, berdasarkan perintah dari atasan, pihaknya menerjunkan 60 orang anggota dari Polres Buton Tengah untuk melakukan pengamanan selama dua hari.

"Alhamdulillah sampai saat ini karena di sini juga kita dibantu pengamanan swakarsa dari masyarakat Wasilomata, mereka juga menjaga kegiatannya dan kita mem-backup itu sehingga kita tidak temukan seperti miras dan lain sebagainya," pungkasnya. (A)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga