Rp 42 Miliar Disiapkan untuk Pilkada Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 06 April 2023
0 dilihat
Rp 42 Miliar Disiapkan untuk Pilkada Muna Barat
Pj Bupati Muna Barat menyiapkan dana pilkada tahun 2024 sebesar Rp 42 miliar. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pemerintah Muna Barat telah menyiapkan anggaran hibah sebesar Rp 42 miliar untuk pembiayaan tahapan Pilkada 2024 "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pendanaan Pilkada 2024 disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Untuk itu, Pemerintah Muna Barat telah menyiapkan anggaran hibah sebesar Rp 42 miliar.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri, pemerintah daerah diminta memastikan pendanaan kegiatan pilkada serentak di tahun anggaran 2023. Pemerintah daerah Muna Barat juga telah menerima surat dari KPU terkait kebutuhan pendanaan pilkada kurang lebih Rp 34 miliar.

Pemerintah daerah bersama OPD telah menerima usulan pendanaan dari KPU dan Bawaslu disesuaikan dengan prosedur dan teknis tahapan penyelenggaraan pemilu, sehingga telah dilakukan pembedaan terkait dana pilkada mendatang.

Pj Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pihaknya telah menyisir kebutuhan pilkada dan mempertimbangkan kondisi kemampuan keuangan daerah (KKD) yang masuk dalam kategori rendah.

"Kalau kita lihat KKD terbagi tiga yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Mengingat dana kita 80 persen mengandalkan dana transfer yang di dalamnya termasuk dalam dana alokasi umum (DAU)," ungkap Bahri, Kamis (6/4/2023).

Baca Juga: DPRD Muna Barat Usulkan 3 Nama Calon Pj Bupati

Bahri katakan, DAU saat ini telah ditentukan penggunaannya, berbeda dengan sebelumnya yang bersifat block grand, dimana fokus DAU yaitu untuk pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Di luar itu sifatnya non irmak. Olehnya itu pemerintah daerah menegosiasikan terkait dana pilkada.

"Dan kita menunggu ada beberapa tahapan yang di dalamnya akan disepakati bersama gubernur, sehingga akan mengurangi lagi pagu yang telah disepakati," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Muna Barat, Ishak mengatakan, pihaknya juga telah menyampaikan usulan pendanaan hibah pilkada tahun 2024 ke pemerintah daerah.

Baca Juga: Mulai Konsolidasi, La Ode Muhammad Amsar Siap Tarung Pilkada Muna Barat

"Kesepakatan pendanaan Bawaslu Muna Barat bagi pilkada tahun 2024 sebesar Rp 10,2 miliar," ungkapnya.

Terkait pendanaan dengan jumlah yang telah disepakati, didasarkan keputusan Ketua Bawaslu RI No. 019.1/PR.03.00/K1/01/2022 tentang standar kebutuhan pendanaan kegiatan pilkada tahun 2024 serta perhitungan tersebut belum memperhitungkan sharing pendanaan dengan pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ishak katakan, dana hibah pilkada ini dalam pengelolaannya sangat penting, agar pengelolaannya menjadi efektif dan terukur serta dapat dipertanggungjawabkan dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga