Rp 99 Milar DD Tersalurkan di Muna

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 16 Oktober 2020
0 dilihat
Rp 99 Milar DD Tersalurkan di Muna
Kepala KPPN Raha, Sulistiyono. Foto: Sunaryo/Telisik

" Yang sudah tersalur sekitar Rp 99 miliar. Ada pun sisanya sebesar Rp 25,125 miliar akan disalurkan pada tahap tiga setelah memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku. "

MUNA, TELISIK.ID - Proses pencairan Dana Desa (DD) dibagi menjadi tiga tahap. Untuk pencairannya, 40 persen tahap pertama dan kedua, serta sisanya 20 persen tahap tiga.  

DD yang bersumber dari Pemerintah Pusat itu sebelum ditransfer ke Kas Daerah (Kasda) terlebih dahulu masuk ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Raha yang selanjutnya ditransferkan ke rekening desa.

Di KPPN Raha, DD yang masuk sebesar Rp 124,184 miliar buat 124 desa. Untuk tahap satu dan dua hingga Oktober, KPPN telah menyalurkan DD sebesar Rp 99,058 miliar.

"Yang sudah tersalur sekitar Rp 99 miliar. Ada pun sisanya sebesar Rp 25,125 miliar akan disalurkan pada tahap tiga setelah memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku," kata Kepala KPPN Raha, Sistiyono, Kamis (15/10/2020).

Baca juga: Kapolres Baubau Bantah Adanya Penembakan Mahasiswa saat Demo

Sulistiyono merinci, dalam penyaluran DD tersebut, di dalamnya termaksud untuk pembayaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada 15.804 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

"Rinciannya, tiga bulan pertama sebesar Rp 600 ribu perbulan dan tiga bulan kedua Rp 300 ribu perbulan," sebutnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muna, Abdul Malik Ditu menerangkan, pandemi COVID-19 sangat menguras keuangan daerah, termaksud DD. Oleh karenanya, diharapkan pengelolaanya lebih transparan dan penerimaan BLT harus tepat sasaran.  

"Harus diatur sebaik mungkin, sehingga pertanggungjawabannya bisa akuntabel," pesannya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga