RSUD Bahteramas Kosong Stok Darah, Keluarga Pasien Diharuskan Cari Alternatif

Arianto, telisik indonesia
Minggu, 22 Mei 2022
0 dilihat
RSUD Bahteramas Kosong Stok Darah, Keluarga Pasien Diharuskan Cari Alternatif
RS Bahteramas saat ini mengalami kekosongan stok darah. Pasien yang membutuhkan transfusi diminta berusaha mencari pendonor. Foto: Ist.

" RS Bahteramas kehabisan stok darah dikarenakan jumlah pasien yang sangat banyak dan membutuhkan darah "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumah Sakit Bahteramas saat ini tidak memiliki stok darah sama sekali. Keluarga pasien harus mencari alternatif untuk mendapatkan darah.

Humas RS Bahteramas, Masita mengatakan, RS Bahteramas kehabisan stok darah dikarenakan jumlah pasien yang sangat banyak dan membutuhkan darah.

"Stok darah di Bahteramas itu sebenarnya selalu ada, hanya kan pasien di Bahteramas banyak. Jadi kalau habis wajar dong. Nah kalau habis begitu, keluarga pasien sendiri yang disuruh cari," katanya, Sabtu (21/5/2022).

Lanjut Masita, dalam kondisi seperti itu, keluarga pasien juga bisa berkerja sama dengan pihak rumah sakit untuk menyelamatkan pasien yang membutuhkan transfusi darah.

"Kalau kita berkerja sama dengan Palang Merah, jadi kalau darah kita habis kita telepon Palang Merah. Bila darah yang dibutuhkan pasien ada stoknya, kita ambil," ucapnya.

Kepala Ruangan Bank Darah RS Bahteramas, Ruhiya mengatakan, untuk persyaratan pendonor darah pasien di antaranya istirahatnya cukup, berbadan sehat, tidak sedang haid, hamil dan menyusui, serta berusia di atas 18 tahun.

Baca Juga: Gubernur LIRA Sulawesi Tenggara Sebut PT KDI Salah Tunjuk Lokasi Jetty

"Semua darah dibutuhkan, baik itu darah A, B, O, AB, pendonor darah pasien yang paling banyak darah A dan O," tandasnya.

Bagi Anda yang ingin mendonorkan darah, harus mengikuti prosedur donor darah sebagai berikut:

1. Pendonor mengambil dan mengisi formulir pendaftaran

2. Pendonor menyerahlan formulir pada petugas administrasi

Baca Juga: Makin Longgar, Simak Syarat Naik Pelni Terbaru

3. Memenuhi syarat, melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, penimbangan berat badan, pemeriksaan kadar hemoglobin, pemeriksaan golongan darah. Bila tidak memenuhi syarat, pendonor tidak dapat melakukan donor

4. Memenuhi syarat, pemeriksaan dokter, pemeriksaan anamnesis, pemeriksaan fisik sederhana

5. Pengambilan darah dan contoh darah

6. Pendonor menikmati hidangan ringan

7. Pengambilan kartu donor. (B)

Penulis: Arianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga