Rumah di Negara Ini Dijual Hanya Rp 16 Ribu, Ini Alasannya

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 19 Januari 2022
0 dilihat
Rumah di Negara Ini Dijual Hanya Rp 16 Ribu, Ini Alasannya
Kota Abruzzo di Italia, rumah dijual hanya Rp 16 ribu. Foto: Repro Tempo.co

" Sebanyak 250 rumah yang dijual dengan harga murah "

ITALIA, TELISIK.ID - Tak ada yang menyangka kalau rumah-rumah di Italia, ada yang dijual dengan harga Rp 16 Ribu!

Penawaran rumah murah itu diberikan di wilayah Abruzzo, sebuah kawasan di Italia.

Ratusan rumah lawas di Pratola Peligna, sebuah komune dan kota di Provinsi L'Aquila di wilayah Abruzzo dijual dengan harga sangat murah yaitu hanya 1 Euro saja (sekitar Rp 16.214).

Rumah di kota tersebut dijual dengan harga 1 Euro karena populasi penduduk kota tersebut mengalami kemerosotan. Dampaknya, rumah-rumah itu menjadi terbengkalai dan tidak terawat.

"Menemukan pemilik baru dari banyak rumah kosong adalah bagian dari misi Operation Beauty yang telah saya luncurkan untuk memulihkan bagian kota rusak dan hilang. Saya tumbuh di Jerman, tempat orang tua saya bermigrasi, lalu saya kembali ke sini untuk menyelamatkan tanah kelahiran saya," ucap Wali Kota Cinquefrondi, Italia, Michele Conia, dilansir Liputan6.com.

"Terlalu banyak orang yang pergi dari sini selama beberapa dekade, meninggalkan rumah kosong. Kami tidak bisa pasrah dan ini tak boleh terus terjadi," sambungnya.

Dilansir dari Jurnalsoreang, diketahui sebanyak 250 rumah yang dijual dengan harga murah. Hal itu setelah dilakukan oleh pemetaan pemerintah setempat, yang menghasilkan data sekitar 630 bangunan kosong.

Namun ternyata di balik rumah yang harganya lebih murah dari spaghetti ini, ada syarat tertentu yang harus dipenuhi. Dalam waktu 6 bulan, pembeli wajib menyerahkan rencana rinci renovasi bangunan.

Baca Juga: Mengenal Baghdad, Kota 1001 Malam dalam Sejarah Peradaban Islam

Jika tidak, mereka akan didenda sebanyak 10.000 Euro atau sekitar Rp 162 juta. Syarat ini lebih ringan dibandingkan daerah lain di Italia, karena pembeli tidak diharuskan membayar deposit hingga 5.000 Euro (Rp 81 juta) untuk menjamin para pembeli akan merenovasi.

Kemudian setelah 3 tahun membeli rumah, pembeli wajib melakukan renovasi terhadap rumah itu. Walau terkesan rugi dengan menjaul rumah senilai 1 euro, tapi ini adalah strategi yang dapat dilakukan.

Baca Juga: Singapura Jadi Negara Paling Lelah di Dunia, Ternyata Begini Alasannya

Strategi jual rumah murah ini dilakukan untuk menyelamatkan aset-aset rumah tak terawat dan meningkatkan populasi penduduk di kota tersebut. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga