Rusman Emba Tegas Tak Nyaleg dan Nyagub di Pemilu 2024

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 07 Februari 2023
0 dilihat
Rusman Emba Tegas Tak Nyaleg dan Nyagub di Pemilu 2024
Bupati Muna, LM Rusman Emba memastikan tidak akan maju di Pilcaleg dan Pilgub. Foto: Ist.

" Bupati Muna, LM Rusman Emba telah menentukan sikapnya di Pemilu 2024 mendatang. Rusman tegas tidak akan maju di pencalonan anggota DPR RI dan Gubernur Sulawesi Tenggara "

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba telah menentukan sikapnya di Pemilu 2024 mendatang. Rusman tegas tidak akan maju di pencalonan anggota DPR RI dan Gubernur Sulawesi Tenggara.

Rusman punya alasan sendiri sehingga tidak mau terjun ke dunia politik lagi. Ia sebenarnya punya keinginan untuk nyaleg dan nyagub pasca masa jabatannya berakhir tahun 2024 nanti. Namun, karena menghargai senioritas, ia mengurungkan niatnya.

"Ada keinginan besar untuk maju di DPR RI, tetapi saya menghargai Pak Ridwan Bae yang telah banyak berkontribusi bagi pembangunan di Sulawesi Tenggara," kata Rusman, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga: Biang Kemacetan Pasar di Muna Barat Ditertibkan

Begitu pula dengan cagub, ia menghormati Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara, Lukwan Abunawas (LA) dan Ketua KKSS Sulawesi Tenggara, Andi Sumangerukka (ASR) yang telah lama melakukan konsolidasi untuk meraih impian mereka menjadi gubernur.

"Pak LA dan ASR sudah lama konsolidasi, sedangkan saya bila ingin maju, baru mau mulai. Jadi nantilah, kita lihat peluang ke depannya," ungkapnya.

Alasan lain hingga politisi PDIP itu belum kepikiran nyaleg dan nyagub, karena ingin fokus menyelesaikan pembangunan di Bumi Sowite.

"Masih banyak yang harus saya kerjakan. Makanya, saya fokus menyelesaikan pembangunan di Muna," tukasnya.

Ketua Bappilu DPD PDIP Sulawesi Tenggara, Litanto mengatakan, saat ini partai fokus menghadapi pilcaleg. 10 kursi di DPRD Sulawesi Tenggara menjadi target utama, sehingga bisa memuluskan pencalonan LA sebagai cagub.

Di struktur partai, LA telah ditetapkan sebagai balon gubernur. Namun, tidak menutup kemungkinan, partai tetap memberi peluang bagi kader dan non kader sebagai balon wakil gubernur.

Baca Juga: Dirjen Bina Desa Minta 4 Kades Terpilih Dilantik, Kadis PMD Muna Tunggu Putusan Hukum

“Secara etika partai, Lukman Abunawas adalah harga mati,” ungkapnya.

Sementara itu, fungsionaris DPD I Golkar Sulawesi Tenggara, La Ode Aca menegaskan, selain akan nyaleg, Ridwan Bae akan maju di pilgub.

Kata Aca, sesuai hasil Musda telah diputuskan Ridwab Bae sebagai balon Gubernur dari Golkar. Alasannya, Ridwan Bae merupakan figur dan tokoh politik senior yang telah memiliki sederet pengalaman, sehingga pantas menjadi gubernur.

"Pak Ridwan akan nyaleg dulu. Untuk nyagub, tetap," tandasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga