Biang Kemacetan Pasar di Muna Barat Ditertibkan

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 07 Februari 2023
0 dilihat
Biang Kemacetan Pasar di Muna Barat Ditertibkan
Pj Bupati Muna Barat, Bahri S.STP saat ditemui awak media terkait penertiban pasar. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Kerap terjadi kemacetan akibat ulah pedagang yang berjualan di pinggir jalan, menyebabkan pemerintah daerah turun menertibkan para pedagang dan tukang ojek di pasar Matakidi, Kecamatan Barangka, Kabupaten Muna Barat "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Kerap terjadi kemacetan akibat ulah pedagang yang berjualan di pinggir jalan, menyebabkan pemerintah daerah turun menertibkan para pedagang dan tukang ojek di pasar Matakidi, Kecamatan Barangka, Kabupaten Muna Barat.

Penertiban pasar itu dilakukan demi kenyamanan dalam pelaksanaan jual beli, serta para tukang ojek agar tertata rapi untuk menghindari kemacetan yang kerap terjadi ketika jadwal pasar Matakidi berlangsung.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, dalam penertiban pasar itu dilakukan dengan cara persuasif dan humanis sebagai strategi mumpuni agar para pedagang maupun tukang ojek dapat memahami dan menempati tempat yang telah disediakan.

Baca Juga: Gerakan Tanam Cepat Panen Langkah Penangan Inflasi di Muna Barat

"Pedagang sebelumnya banyak berdagang di pinggir jalan, sehingga mengakibatkan kemacetan sepanjang ruas jalan utama," ungkap Bahri, Senin (7/2/2023).

Sehingga pemerintah daerah akan mengupayakan untuk segera menertibkan dan mencari solusi agar pedagang tidak lagi menempati ruas jalan, dan bisa berdagang sesuai tempat yang disediakan.

Tak hanya itu, bagi tempat kendaraan pemda telah menyiapkan lahan untuk lokasi parkir, sehingga para pengendara yang melakukan proses transaksi di pasar dapat memarkir kendaraan dengan tertib.

"Ini demi kenyamanan para pedagang di pasar ini, pemda akan terus berupaya membenahi segala kekurangan untuk mengaktifkan pasar Matakidi ini," ucap Bahri.

Penertiban itu, pembeli juga akan merasa nyaman, pasalnya para penjual dan pembeli juga membutuhkan kenyamanan dalam kegiatan jual beli.

Dengan begitu, orang nomor satu di Muna Barat itu berharap dengan adanya aktivitas di pasar tersebut dapat berdampak besar bagi pertumbuhan ekonomi baru di Muna Barat.

Sementara itu salah satu pembeli, Wa Siana mengatakan, dengan penertiban yang dilakukan oleh jajaran Pemda Muna Barat di pasar Matakidi tidak lagi mengalami kemacetan, pasalnya pada saat hari pasar itu diselenggarakan jalanan akan selalu macet.

"Kalau sudah hari pasar pasti macet, apalagi kendaraan berlalu lalang di jalan ini mengingat ini jalan utama, orang yang mau ke Raha pasti banyak yang lewat jalur ini," ungkapnya.

Selanjutnya, salah satu penjual, La Anton mengatakan, para pedagang menjual di pinggir jalan diakibatkan kondisi lahan pasar yang tergolong kecil, sehingga para pedagang sampai berjualan di pinggir jalan dan tentunya ini salah satu penyebab kemacetan.

Baca Juga: Anak Malas Sekolah karena Jauh, Pemda Muna Barat Bakal Bangun Gedung SD

"Pasar ini kan kecil, beda dengan lahan pasar lainnya yang agak besar, misalnya di pasar Lawa itu besar sehingga tidak ditemui penjual di pinggir jalan," ungkapnya.

Untuk itu, ia meminta agar pemerintah daerah segera menemukan solusi bagi para pedagang yang berada di pinggir jalan itu agar tertib dan para pembeli juga akan nyaman ketika berbelanja.

Untuk diketahui, jadwal pasar di Lawa Raya terbagi menjadi tiga dengan selingan dua hari, yakni ada jadwal Pasar Lawa atau pasar Lambubalano, Pasar Tongkoea, dan Pasar Matakidi. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga