Rusman Minta Pendukung Jangan Terprovokasi

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 10 November 2020
0 dilihat
Rusman Minta Pendukung Jangan Terprovokasi
Calon Bupati Muna, LM Rusman Emba. Foto: Ist.

" Pak Rusman inginkan Pilkada damai dan meminta pendukungnya untuk tetap tenang serta tidak mudah terprovokasi. "

MUNA, TELISIK.ID - Gesekan antar pendukung pasangan calon (Paslon) bupati-wakil bupati Muna masih terus terulang. Seperti halnya yang terjadi pada Senin (9/11/2020) di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Batalaiworu.

Pendukung paslon nomor urut 1, LM Rusman Emba-Bachrun Labuta (TERBAIK) dan paslon nomor urut 2, LM Rajiun Tumada-La Pili (RAPI) terlibat baku lempar dan pemblokiran jalan. Beruntung, aparat kepolisian dan TNI dapat melerai.

LM Rusman Emba melalui Jubirnya, Darmono sangat menyayangkan aksi-aksi tersebut. Kata Darmono, Rusman sebagai bupati yang sedang cuti, tidak menginginkan adanya keributan-keributan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan daerah. Apalagi, memperkelahikan antar masyarakat yang masih dalam satu ikatan kekeluargaan.

"Pak Rusman inginkan Pilkada damai dan meminta pendukungnya untuk tetap tenang serta tidak mudah terprovokasi," kata Darmono, Selasa (10/11/2020).

Darmono tak mau menyimpulkan siapa yang benar dan salah terhadap kejadian di Jalan Gatot Subroto (Mitsumi). Namun, menurutnya kejadian itu pasti ada sebab dan akibatnya. Ibarat ada asap ada api. Disinilah tugas aparat keamanan untuk mengungkap apa yang menjadi pemicu dan siapa dalangnya.  

Baca juga: Bawaslu Diminta Jeli Melihat Gerakan Umar Samiun di Wakatobi

"Kita serahkan saja ke pihak berwenang. Siapapun, yang terbukti bersalah harus ditindak tegas," ungkapnya.

Prinsipnya, tambah Darmono, Rusman Emba tidak henti-hentinya terus mengingatkan pendukung dan simpatisan agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang bisa merusak marwah pesta demokrasi.

Apalagi, saat ini posisi paslon TERBAIK sudah di atas angin. Hal tersebut diperkuat dengan hasil survei yang dikeluarkan DPW PAN Sultra yang menempatkan paslon TERBAIK diposisi teratas.

Kini, yang harus dijaga adalah politik uang (money politik). Tim pemenangan bersama satgas TERBAIK telah siaga 24 jam untuk melakukan perlawanan terhadap siapa saja yang akan merusak pesta demokrasi dengan politik uang dan politik kekerasan.

"Pak Rusman yang posisinya sebagai kepala daerah cuti, paham betul tugasnya untuk menjaga kamtibmas. Apalagi, selama kurun waktu tiga tahun terakhir, kondisi daerah sangat aman. Ini harus kita tetap jaga, karena kemenangan sudah di depan mata," tutupnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga