Samsung Galaxy Z Flip VS Oppo Find N2 Flip, Mana HP Layar Lipat Terbaik?

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Rabu, 24 Mei 2023
0 dilihat
Samsung Galaxy Z Flip VS Oppo Find N2 Flip, Mana HP Layar Lipat Terbaik?
Oppo Find N2 Flip menjadi HP layar lipat pertama Oppo yang siap bersaing dengan Samsung Galaxy Z Flip Series. Foto: Kolase

" Oppo Find N2 Flip sendiri rilis secara global pada Februari 2023 lalu dan telah memasuki pasaran Indonesia sejak Maret 2023 lalu "

KENDARI, TELISIK.ID – Setelah lama berkuasa di pasaran dengan HP layar lipatnya, Samsung Galaxy Z Flip, series harus mulai waspada dengan hadirnya penantang baru dari Oppo dengan HP layar lipat terbarunya, Oppo Find N2 Flip.

Oppo Find N2 Flip sendiri rilis secara global pada Februari 2023 lalu dan telah memasuki pasaran Indonesia sejak Maret 2023 lalu. Satu hal yang membedakan desain HP ini dengan Samsung yaitu layar di cover-nya yang berukuran 3,23 inci.

Selain itu, HP ini memiliki layar utama berukuran 6,8 inci menggunakan material Foldable AMOLED yang memang sudah dirancang untuk dilipat. Layar utamanya mampu menampilkan resolusi hingga 1080 x 2520 pixel sedangkan layar covernya mampu menampilkan resolusi hingga 382 x 720 pixel saja.

Karena adanya layar kecil di depan, HP ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan selfie tanpa harus membuka lipatan HP-nya seperti yang dituturkan oleh Jihan.

"Jadi kalau mau foto bisa langsung tanpa buka lipatan layarnya," tutur Jihan yang juga merupakan karyawan Erafone MT Haryono.

Baca Juga: Saingi Samsung, Oppo Luncurkan HP Lipat Bertajuk Oppo Find N2 Flip

Sementara itu sang juara bertahan, Samsung di seri terbarunya Z Flip 4 memiliki layar utama berpanel Foldable Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,7 inci, resolusi Full HD Plus, dan refresh rate 120 Hz.

Layar utama kedua ponsel lipat ini juga masih dihiasi dengan bekas lipatan (crease), yang bakal terlihat jelas ketika kedua layar perangkat ini terpapar sinar yang cukup terang. Hal ini tentu membuat sang pesaing, Oppo menang satu poin untuk urusan layar.

Oppo Find N2 Flip mengusung chipset MediaTek Dimensity 9000+ yang menggunakan fabrikasi 4nm. Performanya didukung RAM 8GB dan memori internal 256GB. Ponsel ini juga mendukung RAM expansion hingga 8GB sehingga total RAM-nya bisa mencapai 16GB.

Kombinasi jeroan ini menghadirkan performa yang sangat kencang. Multitasking dan berpindah aplikasi dapat dilakukan secara mulus tanpa gangguan. Namun, ketika memainkan game seperti Genshin Impact, tidak bisa dilakukan di pengaturan grafis tertinggi karena akan membuat bagian belakang ponsel jadi cepat hangat jika dipaksa.

Berbeda dengan sang juara bertahan, ponsel lipat ini ditenagai dengan chipset terkuat Qualcomm saat ini, yaitu Snapdragon 8 Plus Gen 1, yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) hingga 512 GB.  Jadi untuk memainkan Genshin Impact, pengguna bisa memakai pengaturan grafis tertinggi ataupun "Medium" untuk menjalankan game ini dengan cukup lama tanpa adanya hambatan alias stuttering. Hal ini membuat Samsung unggul satu poin.

Sebagai HP yang mengusung layar lipat,  Samsung mengklaim bahwa ponsel lipat mereka bisa dibuka-tutup sebanyak 200.000 kali. Selain itu layar lipatnya dikontribusi oleh lapisan Ultra Thin Glass, serta engsel (hinge) Galaxy Z Flip 4 yang diklaim lebih tangguh dari generasi sebelumya. Sebagaimana yang disampaikan oleh reviewer Gadget, Bill Clinten dalam tulisannya.

“Menurut pengalaman kami selama satu bulan dengan jumlah melipat ponsel tersebut berkali-kali, mungkin hingga lebih dari 100 kali per hari, kami tidak merasakan adanya kerusakan atau anomali pada layar utama Galaxy Z Flip 4,” tulisnya, dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Samsung Galaxy A14 5G Spesifikasi Mumpuni Harga Rp 2 Jutaan Hadir di Kendari

Berbeda dengan Oppo Find N2 Flip yang dlihat dari kanal Youtube Gadgetin, HP ini tidak bisa bertahan jika disandarkan lebih dari 120 hingga 150 derajat. Namun hal itu masih dapat dimaklumi mengingat HP ini masih merupakan layar lipat keluaran pertama untuk Oppo yang masih bisa berkembang di beberapa waktu ke depan.

Sebagai kesimpulan, Oppo Find N2 Flip menawarkan hardware yang nyaris sempurna dengan harga yang masih wajar. Tapi dari segi software dan beberapa detail tambahan masih ada banyak aspek yang harus ditingkatkan untuk mengoptimalkan form factor ini. Hal ini membuat Samsung masih lebih unggul namun harus tetap waspada karena bisa dikalahkan kapan saja. Seperti yang disampaikan reviewer Gadget Virgina Maulita Putri lewat tulisannya.

“Tentu masih ada beberapa kekurangan yang bisa ditingkatkan di Oppo Find N Flip generasi selanjutnya. Misalnya, rating IPX4 yang tentunya jauh ketinggalan dibandingkan Galaxy Z Flip 4 yang mendukung IPX8,” tulisnya dikutip dari Inet.detik.com. (A)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga