Satgas COVID-19 Baubau Siapkan Langkah-langkah Kedatangan KM Lambelu

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Minggu, 05 April 2020
0 dilihat
Satgas COVID-19 Baubau Siapkan Langkah-langkah Kedatangan KM Lambelu
Kepala BPBD Baubau, Muslimin Buhim, yang juga Satgas Tim Gugus Penanganan COVID-19 Baubau. Foto: Ridwan/Telisik

" Benar besok 6 April KM Lambelu akan masuk ke Pelabuhan Murhum, dan Tanggal 7 April akan tiba kembali di Baubau setelah dari Maumere. "

BAUBAU, TELISIK.ID - PT. Pelni Cabang Baubau memastikan benar KM. Lambelu akan sandar di Pelabuhan Murhum Kota Baubau Senin (6/4/2020).

"Benar besok 6 April KM Lambelu akan masuk ke Pelabuhan Murhum, dan Tanggal 7 April akan tiba kembali di Baubau setelah dari Maumere," ucap General Manager (GM) Pelni Baubau Capt Ahmad Sadikin, bia telepon Minggu (5/4/2020).

Baca juga: Penumpang KM Lambelu Positif COVID-19 tak Singgah di Baubau

Mengenai langkah yang telah dilakukan Pelni Baubau Sadikin mengatakan, sudah melaksanakan SOP Kementerian kesehatan dan perhubungan.

"Kami pastikan terus menjaga kebersihan kapal sesuai SOP Kementerian Kesehatan dan perhubungan terkait keamanan moda transportasi agar terus berjalan. Olehnya, masyarakat tak perlu panik," lanjutnya.

Baca juga: Kota Kendari Jadi Wilayah Transmisi Lokal Penyebaran COVID-19

Sementara itu Tim Gugus Satuan Tugas (TG Satgas) bergerak cepat menanggapi akan tibanya KM Lambelu pada Senin  besok.

Berdasarakan hasil rapat  yang dipimpin Ketua TG Satgas COVID-19 Baubau, Dr Roni Muhtar MPd Sabtu malam (4/4/2020) beberapa langkah pencegahan diambil guna mengantisipasi COVID-19  masuk di Kota Baubau.

Baca juga: Relawan Bupati Mubar Akan Kembali Lakukan Penyemprotan di Muna

"Pertama, Penumpang yang berada di Kapal Lambelu sebelumnya sudah dilakukan penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan suhu tubuh di dalam kapal tersebut," jelas Kepala BPBD  Muslimin Buhim yang juga merupakan TG Satgas COVID-19  Baubau, via WhatsApp, Minggu (5/4/2020).

"Kedua, Setelah para penumpang tiba di Pelabuhan Murhum Baubau, pihak BPBD dan pihak terkait lainnya akan kembali melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan desinfektan dan apabila ditemukan suhu tubuh yang tinggi dan mendekati ciri- ciri COVID-19, maka para penumpang tersebut akan dilakukan penanganan langsung oleh Tim Gugus Tugas Corona Kota Baubau.

Baca juga: Haerul Saleh Ditolak, KPU Sultra Jelaskan Proses PAW Anggota DPR

Ketiga, penumpang yang turun dari atas kapal akan dilakukan pendataan identitas secara lengkap oleh pihak Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Kota Baubau dan kemudian para penumpang tersebut akan dibagi atau dipisahkan berdasarkan daerah asalnya.

Keempat, Pihak PT. Pelni sudah membatasi para penumpang, sehingga para penumpang di atas Kapal Pelni tidak lagi berdesakan atau bertumpuk.

Baca juga: Ritual Kaago-Ago dan Dzikir, Cara Desa Laano Sandana Cegah Wabah Penyakit

Sementara itu pihak Pelabuhan  Baubau akan melakukan sterilisasi dan pengecekan suhu tubuh pada penumpang sesuai prosedur.

"Semua penumpang  dilakukan sterilisasi dan pengecakan suhu tubuh dengan menggunakan thermal scaner di dalam terminal kedatangan, serta menyerahkan kartu kuning yang telah diisi oleh penumpang," jelas Kepala Kantor Unit Penyelenggar Pelabuhan Baubau Pradigdo.

"Kartu kuning itu formulir dari Kantor Kesehatan Pelabuhan yang mana setiap penumpang harus mengisi data," jelasnya.

 

Reporter : Ridwan Amsyah

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga