Satu-satunya di Sulawesi Tenggara, SMPN 1 Satap Sawerigadi jadi Kandidat Sekolah Rujukan Google

Nur Fauzia, telisik indonesia
Senin, 27 Mei 2024
0 dilihat
Satu-satunya di Sulawesi Tenggara, SMPN 1 Satap Sawerigadi jadi Kandidat Sekolah Rujukan Google
Yaziq Husain salah satu guru yang sudah tersertifikasi Google di SMP Negeri 1 Satap Sawerigadi usai diwawancarai. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Satap Sawerigadi merupakan satu-satunya sekolah di Sulawesi Tenggara yang menjadi Kandidat Sekolah Rujukan Google (KSRG) "

KENDARI, TELISIK.ID - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Satap Sawerigadi merupakan satu-satunya sekolah di Sulawesi Tenggara yang menjadi Kandidat Sekolah Rujukan Google (KSRG).

Salah satu guru SMP Negeri 1 Satap Sawerigadi yang sudah tersertifikasi Google, Yazid Husain kepada Telisik.id saat ditemui di BPMP Sultra mengatakan, sekolah tersebut dipilih langsung oleh Google setelah melalui beberapa proses seleksi. Dimana, sekolah memanfaatkan Google Workspace for Education atau akun belajar dalam seluruh proses pembelajaran sampai asesmen.

Yazid menambahkan, walaupun sekolahnya berada di pedesaan yang jaringannya agak sulit, namun dapat terpilih menjadi KSRG karena semua guru-gurunya sudah melalui pelatihan Google dan proses pembelajarannya sudah terintegrasi oleh Google Workspace for Education.

"Guru-gurunya sudah melalui pelatihan Google sendiri pemanfaatan Google dari tools-toolsnya mulai dari Google Drive, Google Seen, Google Form bahkan kami sudah memiliki website resmi terbuat atau dibentuk dari Google Site, sehingga semua pelaksanaan pembelajaran sudah terintegrasi dan ekosistemnya itu dari Google Word Space," ungkap Yazid, Minggu (26/5/2024).

Baca Juga: Siswi Kendari dan Raha Wakili Sulawesi Tenggara di NSDC Tingkat Nasional 2024

Duta Teknologi tahun 2023 ini juga menjelaskan, selain guru, murid-muridnya juga sudah bisa membuat paparan materi dari Google Slide serta dapat berkolaborasi memanfaatkan jambor. Mereka juga sudah memiliki Learning Management System (LMS) yaitu Google Classroom.

"Walaupun masih belajar, namun murid-murid dapat menguasai dengan cepat karena memang zamannya. Mereka juga menggunakan Google Classroom dalam proses pembelajaran sehingga seluruh proses pembelajaran jauh lebih bermakna, jauh lebih interaktif, dan jauh lebih menyenangkan," jelasnya.

Baca Juga: UHO Komitmen Tak Naikan Uang Kuliah Tunggal

Yazid yang juga guru terverifikasi Google itu juga berharap pemerintah dapat meningkatkan fasilitas sekolah seperti proyektor ataupun platform digital lainnya. Selain itu, ia juga berharap agar jaringan di daerah tersebut juga ada peningkatan sehingga SMPN 1 Satap Sawerigadi bukan hanya sebagai KSRG namun dapat menjadi Sekolah Rujukan Google (SRG).

Sekolah yang terletak di Desa Lawada Kabupaten Muna Barat itu, saat ini telah mendapatkan akreditasi B dimana sebelumnya akreditasi C. (C)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga