SDN 4 Towea Rusak Berat, Dikbud Muna Usul Perbaikan di Kementerian PUPR

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 15 Februari 2022
0 dilihat
SDN 4 Towea Rusak Berat, Dikbud Muna Usul Perbaikan di Kementerian PUPR
Kondisi SDN 4 Towea. Foto: Ist.

" Sekolah yang terletak di pesisir pantai itu mengalami rusak berat. Bangunan ruang kelas belajar (RKB) dindingnya telah bolong-bolong "

MUNA, TELISIK.ID - Kondisi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Towea, Kecamatan Towea, Kabupaten Muna, sangat memprihatinkan.

Sekolah yang terletak di pesisir pantai itu mengalami rusak berat. Bangunan ruang kelas belajar (RKB) dindingnya telah bolong-bolong. Belum lagi, plafon yang sangat membahayakan murid-murid ketika proses belajar mengajar. Bahkan, akibat kerusakan RKB itu, ruang guru dijadikan sebagai ruang belajar.

Tercatat hanya ada tiga RKB di sekolah yang terletak di Pulau Renda itu. Agar murid bisa belajar, RKB disekat-sekat menggunakan tripleks.

Sejak dibangun tahun 1983, sekolah itu belum pernah ada penambahan pembangunan RKB. Bangunan-bangunan yang ada hanya direhabilitasi. Itupun, usianya tidak lama.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna, Ashar Dulu membenarkan kondisi sekolah itu. Katanya, sekolah itu mengalami kerusakan parah, akibat dihantam gelombang air laut dua tahun berturut-turut, sehingga sekolah itu butuh renovasi total.

Baca Juga: Kepulauan Aru Maluku Diguncang Gempa Kekuatan M5,1

"Tahun ini kita sudah usulkan perbaikannya di Kementerian PUPR melalui Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Ridwan Bae," kata Ashar Dulu, Selasa (15/2/2022).

Proposal usulan perbaikan sudah diserahkan ke Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sultra. Selain SDN 4 Towea, ada beberapa pula SDN dan SMP lainnya yang diusulkan untuk direvitalisasi.

Baca Juga: Turun ke Jember, Gubernur Khofifah Prihatin Laka Laut Ritual Pantai Payangan

"Berkas-berkas dan dokumen pendukungnya sudah kita serahkan ke balai," tukasnya. (C)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani HambaliĀ 

Baca Juga