Secara Bertahap, Perguruan Tinggi di Yogyakarta Laksanakan Kuliah Tatap Muka

Affan Safani Adham, telisik indonesia
Rabu, 12 Agustus 2020
0 dilihat
Secara Bertahap, Perguruan Tinggi di Yogyakarta Laksanakan Kuliah Tatap Muka
Rektor UMY menyoal kuliah Offline yang dilakukan secara bertahap mulai September 2020. Foto: Affan Safani Adham/Telisik

" Dan kenyataannya tidak akan bisa menggantikan perkuliahan tatap muka. "

YOGYAKARTA, TELISIK.ID - Sudah lima bulan lamanya, perkuliahan dilakukan secara Online. Kini di Yogyakarta dipersiapkan kuliah Offline atau tatap muka yang rencananya akan dilakukan mulai September 2020 secara bertahap.

Perubahan mendadak yang semula perkuliahan dilakukan tatap muka menjadi Online telah melahirkan beberapa kelebihan dan kekurangannya.

"Namun sisi kekurangannya lebih dirasakan, baik oleh mahasiswa maupun dosen yang mengajar," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Gunawan Budiyanto,  Rabu (12/8/2020).

Hal tersebut yang menjadi pertimbangan UMY untuk kemudian mengadakan perkuliahan Offline.

"Perkuliahan Online tidak bisa menggantikan kuliah tatap muka," kata Gunawan.

Menurutnya, perkuliahan Online yang sudah dijalani selama pandemi COVID-19 masih terdapat beberapa kekurangan.

"Dan kenyataannya tidak akan bisa menggantikan perkuliahan tatap muka," tandasnya.

Baca juga: Keringanan UKT UHO Tidak Berlaku untuk Mahasiswa Pascasarjana

Tapi tentunya, dengan kondisi yang terjadi saat ini, perkuliahan tatap muka akan diadaptasikan dengan pola yang baru dan UMY sedang mempersiapkan protokol bagaimana dengan penerapan kebiasaan baru seperti datang dan keluar ruang kelas seperti apa, penyediaan hand sanitizer di setiap lorong kelas, penerapan jaga jarak di dalam kelas dengan kursinya berjarak minimal satu meter.

Direncanakan, UMY akan melaksanakan program kuliah tatap muka secara bertahap setelah tim Gugus Tugas COVID-19 UMY berdiskusi dengan Satgas COVID-19 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Sementara itu, untuk mekanisme perkuliahan bagi mahasiswa semester 1, 3, 5, 7 akan dilaksanakan secara berbeda.

Meskipun UMY memberikan fasilitas perkuliahan tatap muka, namun kehadiran di ruang kelas bagi mahasiswa tidak dijadikan komponen penilaian.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik, Sukamta menjelaskan, berdasarkan survey, sebanyak 65 persen mahasiswa menilai perkuliahan Offline lebih efektif, sementara 35 persen mahasiswa memilih Online.

Bagi mahasiswa yang memilih Online padahal perkuliahan dilakukan secara Offline, masih tetap bisa merasakan situasi di ruang kelas. Karena kampus sudah menyediakan kamera web yang akan tersambung dengan aplikasi MyKlass, Microsoft Teams atau Zoom. Sebanyak 163 ruang kelas sedang dipersiapkan untuk dipasang kamera tersebut.

Reporter: Affan Safani Adham

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga