Segera Launching, Warga Bakal Punya Bank Sampah Modern di Kelurahan Lahundape

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 09 April 2021
0 dilihat
Segera Launching, Warga Bakal Punya Bank Sampah Modern di Kelurahan Lahundape
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari, Nismawati. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Bank sampah ini kita libatkan anak milenial, karena memang akan berbasis website. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), bakal launching bank sampah modern.

Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengatakan, bank sampah modern ini akan dilaunching pada 13 April mendatang yang berpusat di Kelurahan Lahundape.

Dimana kata dia, program bank sampah modern ini merupakan kerjasama Pemkot Kendari dengan Jendela Rumah Sehati (JARS) Foundation dalam pengelolaan sampah berbasis masyarakat.

Model bank sampah ini tambah Nismawati, sebenarnya sama seperti bank sampah yang lainnya. Hanya saja ke depan akan dihubungkan dengan digital, dimana akan dibuatkan website.

Baca juga: 7 Hari Jelang dan Pasca Lebaran, Basarnas Tingkatkan Pengawasan

"Bank sampah ini kita libatkan anak milenial, karena memang akan berbasis website," katanya kepada Telisik.id, Kamis (8/3/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, untuk pengelolaannya masyarakat diminta untuk bisa memilah sampah organik dan anorganik atau sampah kering dan basah agar ketika sampah sampai di bank sampah tinggal langsung diolah tanpa harus memilah lagi.

"Jadi nanti itu boleh masyarakat yang datang ke bank sampah, bisa juga sampahnya dijemput. Tapi, masyarakat mesti lakukan pemilahan, karena untuk mengolah sampah itu harus ada pemilahan, karena sampah organik dan anorganik pengelolaannya berbeda," jelasnya.

Sementara itu, Tim JARS Foundation, Titik Suminar mengungkapkan, dalam pengelolaan bank sampah ini warga bisa memilih apakah tabungan hasil sampahnya yang bernilai ekonomis itu mau diambil dalam bentuk chas atau ditabung yang ke depan akan ditukar dalam bentuk sembako.

"Bank sampah yang akan launching ini akan terintegrasi dengan masyarakat modern. Makanya tak bosan-bosan kami berharap masyarakat untuk jadi bagian dari perubahan Kota Kendari. Jangan hanya camat, lurah atau Kadis, tapi mesti tanggung jawab kita semua," pungkasnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga