Sejumlah Kesaksian Proses Autopsi Jenazah Juliansyah

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 05 Agustus 2023
0 dilihat
Sejumlah Kesaksian Proses Autopsi Jenazah Juliansyah
LBH HAMI beberkan kesaksian perwakilan pihak keluarga saat proses autopsi jenazah Juliansyah. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

" Proses autopsi jenazah Juliansyah, berlangsung selama kurang lebih 2 jam yang dilakukan oleh tim forensik Rumah Sakit (RS) Bahteramas Sulawesi Tenggara "

KONAWE, TELISIK.ID - Proses autopsi jenazah Juliansyah, berlangsung selama kurang lebih 2 jam yang dilakukan oleh tim forensik Rumah Sakit (RS) Bahteramas Sulawesi Tenggara.

Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) HAMI, Andre Darmawan membeberkan, kesaksian perwakilan pihak keluarga dalam proses autopsi tersebut.

Andre Darmawan mengatakan, proses autopsi tadi berjalan dengan lancar dan pihaknya telah mengirim satu perwakilan keluarga dari tenaga kesehatan.

Ia mengungkap, dari apa yang telah dilihat perwakilan keluarga saat proses autopsi di tulang-tulang jenazah Juliansyah, terdapat patahan-patahan.

Baca Juga: Diduga Dibunuh Berencana Jenazah Juliansyah Diautopsi

"Yang dilihat tadi ada di tulang paha kanan, tulang iga kanan dan kiri, rahang dan tengkorak kepala belakang," ungkapnya, Sabtu (5/8/2023).

Ia menjelaskan, patahan-patahan tulang tersebut telah diambil sampelnya oleh dokter forensik untuk diperiksa lebih lanjut di laboratorium.

"Untuk kesimpulannya kami tidak bisa berspekulasi, nanti biar dokter forensik yang menyimpulkan hasil temuan tersebut," jelasnya.

Sementara itu, salah satu penggali kubur yang tak ingin disebut namanya mengaku, seluruh tulang belulang Juliansyah masih utuh. Artinya antara kaki dan tangan masih tersambung ke sisi badan.

“Tubuhnya masih utuh, tidak ada yang terpisah,” beber salah satu penggali kubur.

Ia menyebut, di tulang belulang Juliansyah memang ada sedikit yang rusak, dan ia melihat hanya pada bagian tangan.

Baca Juga: Pengusulan Calon Pj Bupati Konawe Belum Diputuskan

“Sempat saya lihat bagian tangan ada yang rusak,” ujarnya.

Sebelumnya, dr Forensik RS Bahteramas Sulawesi Tenggara, Indah Wulan Sari mengatakan, pihaknya telah selesai melakukan autopsi terhadap jenazah Juliansyah serta telah membawa sampel untuk dilakukan pemeriksaan.

"Untuk sampelnya nanti kita kirim dulu di laboratorium Makassar 1-2 hari," jelasnya.

Ia membeberkan, karena jenazah sudah mengalami proses pembusukan yang diperiksa tadi berupa tulang, serta sampel yang diambil juga berupa tulang. (A)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga