Sejumlah Parpol Siapkan Diri Hadapi Pemilu, Ada yang Sudah Buka Pendaftaran Caleg

Haidir Ali, telisik indonesia
Minggu, 17 April 2022
0 dilihat
Sejumlah Parpol Siapkan Diri Hadapi Pemilu, Ada yang Sudah Buka Pendaftaran Caleg
Termasuk partai Golkar, sejumlah partai lainnya juga tengah menyiapkan diri menghadapi pemilu 2024. Foto: google maps

" Pemilu serentak 2022 menjadi persiapan serius para pimpinan partai di seluruh Indonesia. Tidak terkecuali di Sulawesi Tenggara (Sultra), terlebih tahapan pemilu segera dimulai "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemilu serentak 2022 menjadi persiapan serius para pimpinan partai di seluruh Indonesia. Tidak terkecuali di Sulawesi Tenggara (Sultra), terlebih tahapan pemilu segera dimulai.

Atas hal itu, sejumlah parpol di Sultra menyatakan saat ini telah siap dan saat sedang merumuskan berbagai strategi untuk berkontestasi dalam pemilu 2024.

Tidak cukup sampai di situ, persiapan yang dilakukan juga melengkapi syarat adminstrasi agar lolos verivikasi parpol oleh KPU dan pembentukan sturktur partai hingga ke tingkat bawah.

Sekretaris DPD Partai Golkar Sultra, M Basri mengungkapkan, saat ini sedang melakukan berbagai hal untuk ikut berpartisipasi pada pemilu serentak, terutama menyiapkan kader untuk tampil sebagai figur caleg dan calon kepala daerah yang akan diusung ke depan.

"Para caleg disiapkan dalam bentuk fungsionaris kelipatan dua. Misalnya satu dapil, 5 kursi kami siapkan 10 orang, begitu pula dengan figur wali kota dan kepala daerah dari kabupaten/kota menyetor nama-nama ke DPD maksimal 5 orang," kata Basri baru-baru ini.

Ia juga mengatakan, DPD Golkar memiliki figur yang akan maju pada pilkada tahun 2024. Namun sampai saat ini belum ditetapkan, karena harus menunggu persetujuan dan hasil survei yang dilakukan oleh DPP Partai Golkar.

"Kalau di provinsi dan kabupaten/kota kita setor nama-nama figur maksimal 5 orang ke DPP, selanjutnya DPP akan melakukan survei serta menentukan siapa yang layak untuk diusung sebagai figur," tandasnya.

Terpisah, Wakil Ketua Organisasi dan Anggota DPD PDIP Sultra, Hasan Basri Usman mengungkapkan, saat ini PDIP sedang membenahi struktur partai, mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan bahkan ranting tingkat dusun.

Baca Juga: Pemilu 2024, PKB Jatim Target Sapu Bersih Suara dan Kursi Legislatif

"Sekarang ini kita masih benahi struktur partai dari tingkatan provinsi sampai dusun dan ranting, sehingga ini dapat memasifkan persiapan partai sampai pemilihan nanti dilaksanakan," kata Hasan.

PDIP Sultra mempersiapkan diri sangat serius, mereka menargetkan ketua DPRD provinsi dan ketua DPRD di kabupaten/kota se-Sultra, dipimpin oleh kader-kader terbaik PDIP pada pemilu mendatang.

"Kami targetkan 8-9 orang kader PDIP yang dapat terkafer sebagai anggota DPRD Sultra, dengan seperti itu, PDIP bisa menjadi ketua DPRD Sultra ke depanya. Begitu pula untuk di kabupaten/kota." Kata Hasan

Saat ditemui, Ketua DPC PDIP Kota Kendari, Ismail Ishak lebih spesifik mengungkapkan, saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Rapimnas PDIP, pada Mei 2022 di Bali. Ia juga menambahkan, pihaknya tidak mesti menunggu instruksi dari DPP PDIP. Sebagai pengurus PDIP wajib bersiap diri pada momentum pemilu tahun 2024 mendatang.

"Untuk calon gubernur, Lukman Abunawas akan kami usung. Karena saat ini, selain sebagai ketua DPD PDIP Sultra, Lukman Abunawas juga memliki keinginan untuk maju pada Pilgub 2024," kata Ishak.

Baca Juga: Demokrat Target Tujuh Kursi di DPRD Sultra

Sementra Sekertaris Partai NasDem, Abdul Aziz mengungkapkan, saat ini sedang merumuskan strategi untuk mencapai target sebagai pemenang pemilu tahun 2024. Ia juga menambahkan, NasDem telah membuka penerimaan bakal calon legislatif.

Ia juga mengungkapkan, para figur yang tampil pada Pileg mendatang adalah para kader-kader terbaik partai NasDem, yang saat ini sedang menjabat sebagai kepala daerah dan anggota DPRD, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

"Kami sudah buka pendaftaran caleg pada Sabtu 9 April 2022. Ada juga Ali Mazi yang akan maju di DPR RI pada Pemilu serentak tahun 2024," kata Abdul Aziz. (A)

Reporter: Haidir Ali

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga