Selama Pimpin Kolut, Pasangan An-Nur Raih Berbagai Penghargaan

Muh. Risal H, telisik indonesia
Kamis, 09 Januari 2020
0 dilihat
Selama Pimpin Kolut, Pasangan An-Nur Raih Berbagai Penghargaan
Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Utara bersama Gubernur Sultra saat menghadiri HUT Kolut ke-16. Foto: Muh. Risal/Telisik

" Kami juga berhasil meraih piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup RI selama lima kali berturut-turut. Ini merupakan pencapaian atas ikhtiar masyarakat Kolut dalam pengelolaan kebersihan lingkungan kota, kategori kota kecil. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Selama kurang lebih dua tahun memimpin Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), duet pasangat Drs. H. Nur Rahman Umar, MH dan H. Abbas, SE sebagai bupati dan wakil bupati dengan akronim An-Nur, telah meraih berbagai penghargaan.

Capaian tersebut disampaikan Bupati Kolaka Utara, Drs. H. Nur Rahman Umar, MH dalam sambutannya pada upacara peringatan hari jadi Kolut ke-16 di lapangan Aspirasi Lasusua, Selasa (7/1/2020).

Baca Juga: Ridwan Bae Intruksikan Kader Golkar Pilih AJP di Pilwawali

Menurut pasangan H. Abbas, SE ini, sejak mereka diberikan kepercayaan oleh rakyat untuk menakhodai Kabupaten Kolaka Utara pasca Rusda Mahmud, banyak keberhasilan yang mereka telah capai salah satunya sektor pertanian. Khususnya sub sektor perkebunan yang telah menjadi prioritas utama melalui program revitalisasi kakao. Hingga saat ini program tersebut telah memperlihatkan hasil yang menggembirakan.

"Indikasinya dapat ditunjukkan dengan semakin luasnya lahan kakao yang direvitalisasi serta semakin meningkatnya animo petani untuk terlibat dalam program tersebut. Alhamdulillah upaya kami di sektor tersebut, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian RI dengan memberikan penghargaan kepada Kabupaten Kolaka Utara sebagai sentral pengembangan kakao dan lada serta centeral major project pengembangan kakao berbasis corporate," kata Nur Rahman.

Lebih lanjut, politisi Partai Demokrat ini menyampaikan jika selama kepemimpinan mereka. Pemerintah Darah (Pemda) telah meraih piagam penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di bidang pengelolaan keuangan daerah dari Menteri Keuangan selama lima kali berturut-turut.

"Kami juga berhasil meraih piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup RI selama lima kali berturut-turut. Ini merupakan pencapaian atas ikhtiar masyarakat Kolut dalam pengelolaan kebersihan lingkungan kota, kategori kota kecil," ucap Bupati.

Nur Rahman Umar yang juga Ketua Umum Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kolut, menyatakan, saat ini mereka telah melakukan pembinaan mental spritual Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkab Kolut melalui kegiatan shalat berjamaah para OPD dan tadarrus bersama setiap malam Jumat.

Selain itu, dalam rangka tata kelola pemerintahan Pemda Kolut telah merealisasikan kegiatan Korsupgah KPK wilayah 8 dengan pencapaian 70 persen serta pembenahan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) untuk meraih predikat dari kategori CC ke BB.

Reporter: Muh. Risal
Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga