Seleksi JPTP Kota Kendari, 13 ASN akan Ikuti Empat Tahapan Asesmen

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 10 Agustus 2022
0 dilihat
Seleksi JPTP Kota Kendari, 13 ASN akan Ikuti Empat Tahapan Asesmen
13 ASN dari Kota Kendari dan Provinsi Sulawesi Tenggara mengikuti asesmen seleksi JPTP Kota Kendari di salah satu hotel di Kota Kendari. Foto: Sumarlin/Telisik

" Peserta yang dinyatakan lulus mengikuti seleksi kali ini merupakan orang terpilih mengungguli yang lain "

KENDARI, TELISIK. ID - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala membuka pelaksanaan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP). Kegiatan ini berlangsung di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (10/8/2022).

Sekda meminta seluruh peserta yang mengikuti seleksi agar mengikuti semua tahapan dengan baik, karena banyak yang menginginkan untuk ikut seleksi namun belum memenuhi syarat.

Dia mengakui, peserta yang dinyatakan lulus mengikuti seleksi kali ini merupakan orang terpilih mengungguli yang lain.

"Sesungguhnya pansel dan tim sekretariat sudah mulai melakukan penilaian sejak pendaftaran, mulai dari pemeriksaan administratif, sekarang penilaian seleksi lebih tajam lagi, siapkan fisik dan mental," kata sekda via zoom.

Sekda juga meminta para peserta berkompetisi dengan baik dan mengikuti semua tahapan seleksi. Setelah tahapan ini, kemudian akan dilanjutkan dengan tahapan wawancara, uji baca Al-Qur’an dan di akhir nanti pansel akan mengeluarkan satu nama.

Baca Juga: Tampilkan Kendari Verse, Kota Kendari Jadi Perhatian Wali Kota se-Indonesia di ICE Apeksi

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari Sudirham menegaskan kedisiplinan pada seluruh peserta, karena JPTP akan menjadi contoh bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di mana dia berada.

Dia menjelaskan, dari 13 peserta yang lulus seleksi administrasi, seluruhnya hadir mengikuti seleksi. Seleksi rencananya akan berlangsung hingga sore.

"Ini merupakan asesmen lengkap jadi ada beberapa kriteria, beberapa atribut, yang harus dipenuhi peserta," ungkapnya.

Hasil seleksi ini nantinya, lanjut Sudirham, akan menjadi salah satu unsur pertimbangan dalam menentukan JPTP di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

Dia berharap seluruh peserta mengerahkan semua potensi yang dimiliki dalam mengikuti seleksi ini,  karena tahapan ini memiliki poin tertinggi.

Sementara itu, Ketua Tim Seleksi terbuka JPTP Nur Haerani Haeba menjelaskan, asesmen ini bertujuan untuk melihat kemampuan manajerial seleksi peserta.

Baca Juga: Warga Kendari Panik Diguncang Gempa, BMKG Beri Imbauan

"Kemampuan manajerial terdiri dari  kemampuan intelektual, sikap kerja, kemampuan kepemimpinan, karakter kepribadian itu semua masuk dalam potensi kompetensi yang menunjukkan bagaimana mereka menjadi seorang pemimpin," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk mengungkap semua potensi manajerial yang dimiliki peserta, maka seleksi akan dilakukan melalui empat tahap yakni, tes tertulis, studi kasus, focus group discussion (FGD) dan wawancara.

Tim asesmen center ini terdiri dari para psikolog dan sarjana psikologi. (A-Adv)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga