Sempat Jadi Primadona, Kini Wisata Danau Gembol Mubar Tak Terawat

Amsir, telisik indonesia
Kamis, 03 Maret 2022
0 dilihat
Sempat Jadi Primadona, Kini Wisata Danau Gembol Mubar Tak Terawat
Fasilitas bangunan yang berada di danau Gempol kini nampak rusak dan kotor. Foto: Amsir/Telisik

" Wisata Danau Gembol yang berada di Desa Katanggana, Kecamatan Tiworo Selatan Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra), kondisinya sangat memperihatinkan "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Wisata Danau Gembol yang berada di Desa Katanggana, Kecamatan Tiworo Selatan Kabupaten Muna Barat (Mubar) Sulawesi Tenggara (Sultra), kondisinya sangat memperihatinkan.

Padahal, tempat wisata ini sempat menjadi tempat primadona oleh masyakat sebagai lokasi pilihan berlibur.

Obyek wisata yang dulunya indah, bersih dan banyak dikunjungi warga, kini terkesan kumuh, kotor dan tidak terurus sama sekali. Rumput liar tumbuh subur di setiap sisi bangunan tempat beristirahat dan dipenuhi sampah.

Bukan hanya rumput liar, kolam yang berada di lokasi kini rusak parah dan kumuh, juga dipenuhi semak belukar serta tidak diurus  sama sekali.

Baca Juga: Sebaran COVID-19 Menurun, Golkar Jatim Minta PPKM Dicabut Sebelum Puasa

"Kondisinya sudah tidak terawat dan dipenuhi rumput. Akhirnya sudah tidak ada pengunjung sama sekali," ujar warga setempat, Riska, Kamis (3/3/2022).

Beberapa tahun lalu, obyek wisata yang dirintis oleh BUMDes Katanggana itu memiliki pemandangan indah dengan air yang jernih.

Baca Juga: Kery Beberkan Sejumlah Prestasi dan Harapan di HUT Konawe ke-62 Tahun

"Dulu bisa menelusuri danau dengan jembatan yang terbuat dari bambu berwarna-warni," ucap warga desa lainnya, Wawan.

Diketahui, objek wisata Danau Gembol ini memiliki sejumlah spot yang menjadi daya tarik pengunjung dan bangunan di tengahnya  cukup tinggi untuk bisa melihat seluruh danau yang ada di sekitarnya. (B)

Reporter: Amsir

Editor: Kardin

Baca Juga