Sempat Tidak Aktif, 23 TPST di Kendari Bakal Difungsikan Kembali

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 26 Maret 2021
0 dilihat
Sempat Tidak Aktif, 23 TPST di Kendari Bakal Difungsikan Kembali
Salah satu tempat pembuangan sampah. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Dengan adanya kerjasama JARS Foundation ini, mereka akan membantu untuk pengelolaan sampah di Kota Kendari. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terus memberikan perhatian terhadap kebersihan kota, khususnya pada penanganan sampah.

Hal tersebut dibuktikan denganĀ melakukan berbagai upaya mulai dari penambahan armada, menjalin bekerjasama dengan LSM hingga mengaktifkan kembali tempat pengolahan sampah terpaduĀ (TPST) sementara.

Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), bakal mengaktifkan kembali 23 TPST sementara yang sempat tidak berfungsi beberapa waktu terakhir ini.

Kepala Seksi (Kasi) Pengurangan Sampah dan Limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun) DLHK Kendari, Sainul Latief mengatakan, 23 TPST sementara itu tersebar di berbagai kelurahan yang ada di Kota Kendari.

Hanya saja kata dia, tidak semua kelurahan yang dimaksud keberadaan ke 23 TPST sementara tersebut. Namun, hanya kelurahan yang potensi sampahnya yang banyak saja.

Baca Juga: Kota Kendari Juara Umum Cabor Shorinji Kempo Popda II Sultra

"Memang untuk TPST sementara ini kesulitannya itu pada pengelolaan, karena mencari orang yang mau mengurus tempat sampah itu cukup susah," katanya saat ditemui di depan kantor DLHK Kendari, Kamis (26/3/2021).

Kendati demikian, untuk mengatasi masalah tersebut Pemkot Kendari saat ini telah menjalin kerjasama dengan LS yang fokus pada pengelolaan sampah, yakni Jendela Rumah Sehati (JARS) Foundation.

"Dengan adanya kerjasama JARS Foundation ini, mereka akan membantu untuk pengelolaan sampah di Kota Kendari," pungkasnya. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga