Serangan Balik Bharada E setelah Dituding Ferdy Sambo Hanya Perintahkan Menghajar Bukan Menembak

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 14 Oktober 2022
0 dilihat
Serangan Balik Bharada E setelah Dituding Ferdy Sambo Hanya Perintahkan Menghajar Bukan Menembak
Ferdy Sambo tuding Bharada E hanya diperintahkan menghajar bukan menembak. Hal itu menuai tanggapan dari pengacara Bharada E. Foto: tvOnenews

" Sidang kasus kematian Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang menyeret nama Ferdy Sambo dan empat tersangka pembunuhan berencana lainnya, tinggal menghitung hari "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sidang kasus kematian Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J yang menyeret nama Ferdy Sambo dan empat tersangka pembunuhan berencana lainnya, tinggal menghitung hari.

Namun, tiba-tiba, Sambo membuat keterangan baru yang mengejutkan. Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri itu mengaku tak memerintahkan penembakan Brigadir J.

Keterangan teranyar Ferdy Sambo itu disampaikan oleh tim kuasa hukumnya baru-baru ini. Kuasa hukum Sambo, Febri Diansyah mengatakan, saat itu kliennya hanya memerintahkan Bharada E menghajar Brigadir J, bukan menembak.

Baca Juga: Mahasiswa UHO Jadi Korban Pembusuran Sekelompok Orang Bertopeng

"Memang ada perintah FS pada saat itu yang dari kami dapatkan itu perintahnya 'hajar, Chard (Richard)'. Namun yang terjadi adalah penembakan pada saat itu," kata Febri.

Sebelum peristiwa penembakan terjadi, menurut Febri, Sambo mulanya hendak berangkat ke Depok untuk bermain badminton. Dia bertolak dari rumah pribadinya di Jalan Saguling.

Namun, ketika melintasi rumah dinasnya di Duren Tiga, Sambo memerintahkan sopirnya berhenti. Sambo lantas masuk ke rumah untuk mengklarifikasi peristiwa yang sebelumnya terjadi di Magelang, Jawa Tengah, yang melibatkan istrinya, Putri Candrawathi, ke Brigadir J.

Dari situlah, Sambo memerintahkan Bharada E menghajar Yosua. Namun, yang terjadi justru penembakan terhadap Brigadir J.

"Jadi nanti mungkin lebih (jelas) di persidangan, tetapi perlu saya tegaskan di sini bahwa bukan perintah, atau apa yang disampaikan tadi, perintah menembak atau apa," kata pengacara Sambo lainnya, Arman Hanis.

Melansir detik.com Pengacara Bharada E Ronny meragukan pernyataan pengacara Ferdy Sambo, Febri Diansyah, soal skenario tembak-menembak dibuat untuk melindungi Bharada E. Ronny mengatakan skenario tembak-menembak sejak awal dibuat untuk melindungi Sambo, bukan Bharada E.

Baca Juga: Diduga Korupsi Honor Satpol PP, Kejati Sulawesi Selatan Tahan 3 Pejabat Kota Makassar

"Kita malah meragukan yang disampaikan rekan Febri. Dari awal bahwa (skenario-red) ini adalah untuk menutup yang dilakukan oleh Ferdy Sambo, adalah untuk melindungi dirinya dia (Ferdy Sambo), sehingga TKP dirusak kemudian," kata Ronny saat dikonfirmasi, Kamis (13/10/2022).

"Jadi bukan karena melindungi Saudara Richard Eliezer, jadi kita meragukan sebenarnya," imbuh Ronny.

Ronny merasa heran atas klaim yang dinilainya menyelamatkan Bharada E. Ronny berpendapat justru yang dilakukan Ferdy Sambo menghancurkan masa depan Bharada E.

"Kalau melindungi, apa yang dilindungi? Malah ini namanya menghancurkan masa depannya Eliezer, dengan memerintahkan untuk menembak, melibatkan dia dalam penembakan ini," tegas Ronny. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga