Serap Hasil Petani, Pemkab Luncurkan Beras Konawe dengan Brand BerasKita

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Selasa, 08 Juni 2021
0 dilihat
Serap Hasil Petani, Pemkab Luncurkan Beras Konawe dengan Brand BerasKita
Kepala Bulog Sultra Ermin Tora bersama Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara memamerkan brand BerasKita di depan para OPD Konawe. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

" Dengan brand BerasKita, Pemkab menargetkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkup Pemkab Konawe untuk menjadi pasar penjualan baru BerasKita "

KONAWE, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe terus melakukan upaya mencari pasar untuk beras hasil petani Konawe, yang setiap tahun semakin melonjak dan daya tampung gudang bulog yang terbatas.

Dengan brand BerasKita, Pemkab menargetkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkup Pemkab Konawe untuk menjadi pasar penjualan baru BerasKita.

Bertempat di halaman Kantor Bupati Konawe, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, meluncurkan BerasKita kepada seluruh ASN, kemarin, Senin (7/6/2021).

Launching tersebut dilakukan Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara kepada perwakilan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), disaksikan langsung Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Sultra, Ermin Tora, dan Kepala Subdivre Bulog Konawe, Yusran Yunus.

Wakil Bupati Konawe melaunching BerasKita hasil petani Konawe. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

 

Gusli mengatakan, dengan hasil petani yang melonjak dan kapasitas daya tampung gudang bulog Konawe yang terbatas, perlu adanya serapan beras hasil petani yang ada di gudang Bulog.

Lebih lanjut, kata Gusli, olehnya itu brand BerasKita akan disalurkan kepada para ASN.

Itu dapat menyerap hingga 50 ton setiap bulannya, jika dikalikan jumlah ASN di lingkup Pemkab Konawe.

Baca Juga: Gegara Diskon 50 Persen, Kapal Cepat Puteri Anggraeni 03 yang Baru Beroperasi Mogok Berlayar

"Jadi setiap ASN akan diberikan 10 Kg beras perbulannya. Untuk ASN yang memiliki sisa gaji minimal Rp 500 ribu per bulan," ungkap Mantan Ketua DPRD Konawe itu.

Untuk saat ini, kapasitas Bulog yang ada hanya 5 ribu hingga 7 ribu ton, sementara itu hasil petani 140 ribu ton beras hasil produksi.

"Kita sudah usulkan ke KaBulog Sultra. Kami minta supaya kapasitas gudang yang ada dapat ditambah dari 5 ribu bisa dinaikan diatas 10 ribu," pungkasnya.

Politisi PAN Konawe itu mengungkapkan, kedepannya akan berkomunikasi dengan pihak perusahaan yang ada di Konawe untuk menyalurkan BerasKita kepada seluruh Karyawan.

"Kita juga akan ke PT VDNI dan PT OSS agar dapat menyerap beras Bulog Konawe. Kalau dikalikan bisa menyerap 200 ton perbulan," terang GTS.

Hingga akhirnya hasil produksi beras Konawe dapat diserap 250 ton setiap bulannya.

Namun, ungkap GTS, jika ada ASN yang menginginkan lebih dari 10 Kg itu bisa saja, akan tetapi, nanti tetap dilaporkan di masing-masing OPD.

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara menyerahkan secara simbolis BerasKita kepada para ASN. Foto: Muh. Surya Putra/Telisik

 

Pembiayaan penyaluran beras kepada ASN berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Konawe nomor 24 tahun 2021 tentang Penyediaan Beras Kepada pegawai Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Konawe.

Hal tersebut akan dibebankan pada gaji ASN melalui pemotongan gaji ASN melalui Bank Pemerintah atau Bank lain yang ditunjuk oleh pemerintah nantinya.

Baca Juga: Ketua DPRD Keluhkan Dampak Lingkungan Akibat Aktivitas Tambang di Kolut

Sementara itu, Kepala Bulog Sultra Ermin Tora mengatakan, satu kebanggan tersendiri karena Konawe merupakan Kabupaten pertama di Sultra yang menggagas pendistribusian beras kepada ASN.

Ia mengatakan, program serupa telah dilakukan Pemprov Sulawesi Tenggara beberapa tahun lalu.

Kata dia, ini bisa menjadi langkah positif dalam upaya penyerapan dan stabilisasi pendistribusian beras yang ditampung di gudang penyimpanan Bulog setempat.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Konawe yang telah mendukung Bulog," ungkapnya.

Ia berharap, semoga kedepan program ini bisa dilakukan daerah lain yang ada di Sulawesi Tenggara. (B-Adv)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga