Sering Meluap, Dinas PUPR Buton Utara Akan Normalisasi Sungai Karede

Aris, telisik indonesia
Rabu, 25 Mei 2022
0 dilihat
Sering Meluap, Dinas PUPR Buton Utara Akan Normalisasi Sungai Karede
Sungai di Desa Eensumala, Buton Utara. Foto: Ist.

" Selama ini sungai di Desa Eensumala selalu meluap apabila hujan deras. Akibatnya, lahan persawahan masyarakat tergenang air "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Buton Utara akan melakukan normalisasi agar penampang Sungai Karede di Desa Eensumala, Kecamatan Bonegunu, Kabupaten Buton Utara, menjadi lebih besar, sehingga bisa mencegah terjadinya banjir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Buton Utara, Mahmud Buburanda mengatakan, selama ini sungai di Desa Eensumala selalu meluap apabila hujan deras. Akibatnya, lahan persawahan masyarakat tergenang air.

Mahmud mengungkapkan, air sungai yang meluap tersebut juga diakibatkan aktivitas perambahan hutan. Karena faktanya, hujan sedikit yang seharusnya air terserap dalam tanah, tetapi lebih banyak yang mengalir di atas permukaan, sehingga kapasitas air yang masuk di sungai lebih besar dari penampang sungai, yang akhirnya menyebabkan banjir.

"Kita berharap di hutan tidak dilakukan penebangan. Kami PU akan programkan normalisasi sungai berupa pengangkatan sedimen serta memperluas penampang sungai," ujarnya saat dihubungi Telisik.id, Selasa (24/5/2022).

Terkait normalisasi sungai itu, kata Mahmud, pihaknya mengupayakan masuk dalam perubahan APBD.

Baca Juga: Polisi Penganiaya Bocah di Baubau Dipindah Tugaskan

"Karena untuk tahun ini kami fokus di pembangunan jalan agar mobilisasi logistik barang, jasa, manusia lebih lancar sehingga perekonomian menjadi lebih meningkat," ujarnya.

Seperti diketahui, Desa Eensumala diguyur hujan deras Senin (23/5/2022) malam. Akibatnya, sebagian pemukiman dan lahan persawahan masyarakat setempat tergenang banjir.

Selain lahan persawahan dengan luas kurang lebih 10 hektare, hewan ternak sapi milik masyarakat juga ikut terendam.

Hujan semalaman mengakibatkan kali meluap. Kepala Desa Eensumala, Samsul Wiridin mengungkapkan, banjir yang menggenangi lahan persawahan sangat berdampak pada petani yang saat ini tengah panen.

Baca Juga: Ridwan Bae Tanggapi Pernyataan Sekjen BOM Kepton Soal Pj Buton Selatan

Bahkan yang sudah panen sekalipun, karena rumahnya tergenang air, puluhan karung gabah masyarakat ikut terendam banjir.

Kata Samsul, banjir di Desa Eensumala disebabkan karena kali Karede belum dinormalisasi. Dia berharap pihak terkait melakukan pembangunan bronjong di Kali Karede. Sebelumnya pernah dibangun, tetapi telah rusak dan terbawa banjir. (C)

Penulis: Aris

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga