Siapa Paling Berpotensi Pimpin IAIN Kendari?

La Ode Muhamad Alwi, telisik indonesia
Selasa, 31 Januari 2023
0 dilihat
Siapa Paling Berpotensi Pimpin IAIN Kendari?
Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari atau sering dijuluki kampus biru ini tengah menghadapi pergantian rektor untuk masa bakti 2023-2027. Foto: Repro IAIN Kendari

" Ada 9 bakal calon Rektor IAIN Kendari yang akan bersaing menjadi Rektor IAIN Kendari periode 2023-2027 "

KENDARI, TELISIK.ID – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari saat ini sedang dalam proses pemilihan calon rektor untuk periode 2023 hingga 2027. Terdapat 9 calon, yang masing-masing memiliki peluang dengan segala kelebihannya masing-masing.

Mengenai hal itu, Ketua Senat IAIN Kendari, Zulkifli mengatakan bahwa semua berpotensi, tergantung usaha dan nasib dari 9 bakal calon rektor IAIN Kendari.

“Bisa saja kalau mereka punya hubungan atau koneksi di sana, bisa saja,” ujar Zulkifli ketika diwawancarai Telisik.id mengenai kemungkinan para calon untuk berinteraksi dengan pihak pusat.

Sementara itu Rektor IAIN Kendari, Faizah Binti Awad mengatakan bahwa untuk mengatakan siapa yang berpotensi, itu berarti persepsi.

“Persepsi itu saya tidak didukung oleh data karena data yang digunakan adalah ada panitia pusat yang dibentuk oleh menteri itu sebanyak 7 orang," ujarnya, Senin (30/1/2023).

Lebih lanjut Faizah mengatakan bahwa secara akademik tidak ada yang guru besar dari 9 bakal calon rektor sedangkan terkait pangkat, kebanyakan 4b, ada juga 4a dan 4c.

Baca Juga: Nasib 9 Bakal Calon Rektor IAIN Kendari di Tangan Kementerian Agama

“Yang tertinggi itu pangkatnya kalau saya tidak salah adalah Pak Kadir mantan Kakanwil Kemenag Sulawesi Tenggara yakni golongan 4c, yang lainnya golongan 4b dan ada juga golongan 4a," bebernya, Senin (30/1/2023).

Ia juga mengatakan bahwa jabatan yang diduduki oleh 9 bakal calon rektor saat ini bukanlah penilaian utama dan merupakan pendukung saja. Itupun belum dapat dipastikan karena menteri yang menentukan.

Adapun 9 Bakal Calon Rektor IAIN Kendari adalah:

Dr. Husain Insawan, M.Ag

Dr. Hj. Hadi Machmud, M.Pd

Dr. Abbas, M.A

Dr. H. Abdul Kadir, M.Pd

Dr. Asliah Zainal, M.A

Baca Juga: Panitia Penjaringan Beberkan Syarat Jadi Rektor IAIN Kendari

Dr. Ashadi L. Diab, M.HUM

Dr. Masdin, M.Pd

Dr. Muhammad Alifuddin, M.Ag

Dr. Kamaruddin, M.H

Dimana Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor IAIN Kendari ditunjuk berdasarkan SK Rektor Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd Nomor 0354.1. Mereka juga dinilai kompeten dan profesional serta tidak mempunyai kepentingan pribadi kepada salah satu bakal calon. (B)

Penulis: La Ode Muhamad Alwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga