Siapa Pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR? Golkar Akan Umumkan Besok

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 28 September 2021
0 dilihat
Siapa Pengganti Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR? Golkar Akan Umumkan Besok
Azis Syamsuddin selaku Wakil Ketua DPR RI yang bakal diganti. Foto: Repro VIVA

" Pengumuman pengganti Azis Syamsuddin rencananya dilakukan Partai Golkar pada Rabu sore di gedung DPR RI "

JAKARTA, TELISIK.ID - Partai Golkar bakal mengumumkan pengganti Azis Syamsuddin selaku Wakil Ketua DPR RI besok, Rabu (29/9/2021). Awalnya, pengumuman tersebut direncanakan hari ini, Selasa (28/9/2021).  

Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021) malam.

Pengumuman pengganti Azis Syamsuddin rencananya dilakukan Partai Golkar pada Rabu sore di gedung DPR RI.

Airlangga menjelaskan, pihaknya tidak jadi mengumumkan nama pengganti Azis di posisi Wakil Ketua DPR RI pada Selasa ini lantaran masih ada beberapa proses yang dilakukan.

"Jadi pertama tentu masih ada proses-proses yang harus dilaksanakan sesuai dengan mekanisme yang ada baik di partai maupun di DPR. Oleh karena itu akan diumumkan hari Rabu (29/9/2021) jam 16.00 sore," kata Airlangga, dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id.

Hanya saja, Airlangga enggan menjawab saat disinggung nama Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus yang bakal menggantikan posisi Azis di DPR.

Dia hanya menegaskan bahwa nama tersebut akan diumumkan dan diserahkan ke DPR pada Rabu besok.

"Tunggu hari Rabu jam 16.00 WIB sore. Nanti yang menyampaikan Ketua Fraksi didampingi oleh Ketua Umumnya," tuturnya.

Sebelumnya, DPR mengonfirmasi bahwa hingga Senin (27/9/2021) belum ada surat masuk dari Fraksi Partai Golkar terkait nama pengganti Azis Syamsuddin.

Azis sebelumnya mundur sebagai Wakil Ketua DPR usai ditahan dan ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Sampai dengan hari ini kita belum ada surat masuk," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/9/2021).

Dasco melanjutkan, DPR menyerahkan sepenuhnya proses pengajuan nama pengganti Azis kepada Fraksi Golkar. Ia berujar, DPR hanya tinggal menunggu keputusan internal partai terkait nama pengganti Azis.

Baca Juga: Hugua Minta Partai Pengusung SBM-Andi Merya Segera Bertindak

Baca Juga: Andi Merya Nur Masih Non Aktif di Partai Gerindra

"Dan biarkanlah itu berproses sesuai dengan mekanisme yang ada di Partai Golkar. Kita yang di DPR tinggal menunggu hasil dari mekanisme internal Partai Golkar," ujar Dasco.

Sementara itu, terkait kosongnya kursi Wakil Ketua DPR sepeninggal Azis, Dasco mengatakan bahwa hal itu tidak mengganggu kinerja dan pengambilan keputusan empat pimpinan lainnya.

"Sesuai dengan mekanisme yang biasanya kita ambil tidak akan menggangu pengambilan keputusan yang harus dilakukan oleh forum rapim di DPR," tutur Dasco.

Dikutip dari detik.com, dua nama kader Partai Golkar santer dikabarkan akan naik jabatan di partai dan DPR RI terkait pengunduran diri Azis Syamsuddin usai ditetapkan sebagai tersangka suap.

Dua nama yang dikabarkan bakal naik jabatan itu adalah Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus dan Ketua DPP Adies Kadir. Lodewijk dikabarkan naik jabatan dari anggota DPR menjadi Wakil Ketua DPR RI, sedangkan Adies Kadir dikabarkan akan naik jabatan jadi Waketum Partai Golkar bidang politik, hukum, dan HAM. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga