Sidak Ke Puskesmas, Wabup Manggarai Kaget Tak Ada Petugas

Berto Davids, telisik indonesia
Jumat, 09 Juli 2021
0 dilihat
Sidak Ke Puskesmas, Wabup Manggarai Kaget Tak Ada Petugas
Wakil Bupati Manggarai, Heribertus Ngabut saat sidak di Puskesmas Lao. Foto: Berto Davids/Telisik

" Saat ditanya, perawat tersebut menerangkan bahwa beberapa petugas tidak masuk dan lainnya membawa pasien untuk dirujuk "

MANGGARAI, TELISIK.ID - Wakil Bupati (Wabup) Manggarai, Heribertus Ngabut didampingi Kabag Prokompim Setda Kabupaten Manggarai, Ludovikus Moa melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Puskesmas Lao, Kecamatan Langke Rembong, Jumat (9/7/2021).

Ia kaget lantaran semua petugas kesehatan di Puskesmas Lao tak ada di tempat, kecuali satu orang perawat.

Saat ditanya, perawat tersebut menerangkan bahwa beberapa petugas tidak masuk dan lainnya membawa pasien untuk dirujuk.

"Nah ini yang harus dibenahi ke depan. Saat ini kan masih jam kerja, semua petugas harusnya ada di tempat," kata Wabup Ngabut.

Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan di tengah pandemi COVID-19. Petugas kesehatan seharusnya berada di tempat karena merekalah yang menjadi ujung tombak.

Wabup Ngabut pun menyentil soal tenaga sukarela yang bekerja di Puskesmas Lao.

Baca Juga: Konawe Putuskan Tempat Salat Ied 3 Hari Jelang Idul Adha

Baca Juga: 32 Warga Baubau Positif COVID-19

Ia berharap tenaga sukarela tidak boleh menciptakan beban psikologis baru di tengah pelayanan kesehatan kendati upahnya belum maksimal.

"Tolong beritahu mereka harus rajin masuk kantor. Saya tau tiap bulan mereka juga dapat jatah dari teman-teman yang ada. Karena itu berusahalah untuk terus bekerja karena pemerintah juga sedang memikirkan nasib mereka," tutur mantan Kasat Pol PP Kabupaten Manggarai itu.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, sidak ini merupakan bentuk antensi bahwa pemerintah peduli terhadap aspek kesehatan, terutama soal tenaga medis.

"Maksudnya supaya orang kerja itu disiplin. Jangan lagi pakai alasan yang tidak masuk akal untuk tidak masuk kerja. Betul kalau memang alasan COVID-19. Nah, itu kan jadi resiko tugas. Rakyat sekarang butuh tenaga kesehatan. Oleh karena kita harus sesuaikan" tegas mantan Kepala Kesbangpol itu. (B)

Reporter: Berto Davids

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga