Jalur Jalan Pegunungan Konda-Wolasi Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Ashar Hamka, telisik indonesia
Sabtu, 01 Oktober 2022
0 dilihat
Jalur Jalan Pegunungan Konda-Wolasi Jadi Tempat Pembuangan Sampah
Selain menganggu pemandangan, sampah yang menumpuk di pinggiran jalan poros pegunungan Konda-Wolasi mencemari lingkungan. Foto: Ashar Hamka/Telisik

" Di sepanjang jalur poros pegunungan Konda-Wolasi, terlihat tumpukan sampah dalam bungkusan kantong kresek berukuran kecil maupun besar "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Perilaku sebagian masyarakat Konawe Selatan untuk membuang sampah di tempat yang semestinya, sepertinya perlu ditingkatkan.

Pasalnya, Kamis (29/9/2022) lalu, pantauan Telisik.id di sepanjang jalur poros pegunungan Konda-Wolasi, terlihat tumpukan sampah dalam bungkusan kantong kresek berukuran kecil maupun besar.

Pengendara roda dua, Mustika mengungkapkan, kondisi tersebut sudah berlangsung lama. Dan makin banyak. Selain menganggu keindahan, juga terkadang membahayakan. Sebab tak jarang sampah berupa botol plastik berada di jalur jalan. Belum lagi bau yang menyengat di sejumlah titik, mengganggu para pengguna jalan.

Pria 44 tahun ini menyebutkan, langkah pemerintah untuk mengurangi aktivitas pembuangan sampah di lokasi itu sepertinya tak digubris. Meski sudah dipasang plang berisi imbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan, tetap saja ada warga yang melanggar.

Baca Juga: Larangan Parkir Dalam Mako Polrestabes Medan, Warga Harus Parkir Kendaraan di Luar dan Bayar

Baca Juga: Anggaran Pilkades Ditambah Rp 860 Juta

Perihal ini, Kepala Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Konawe Selatan, Ronny Sastal mengungkapkan, sejatinya pemerintah daerah Konawe Selatan telah berupaya maksimal. Di antaranya dengan membuat tanda larangan membuang sampah.

Beberapa waktu lalu di sepanjang jalur pegunungan Konda-Wolasi juga pernah digelar kegiatan Jumat bersih oleh pemerintah kecamatan dan unsur-unsur terkait lainnya.

“Ini dampak dari kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan. Serta belum adanya tempat pembuangan sampah di sepanjang jalan Kecamatan Konda menuju Wolasi. Pada umumnya yang membuang sampah adalah para pengguna kendaraan yang melintasi area tersebut,“ ungkap mantan Kepala Bidang Kebersihan dan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Konawe Selatan ini. (B)

Penulis: Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga