7 Tips Jitu Agar Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 13 Maret 2023
0 dilihat
7 Tips Jitu Agar Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis
Pasangan suami istri penting untuk mengetahui cara menjaga rumah tangga tetap harmonis. Foto: Shutterstock.com

" Hubungan pasangan suami istri tidak selalu mulus, ada saja masalah yang seringkali terjadi. Maka penting mengetahui cara menjaga rumah tangga tetap harmonis "

KENDARI, TELISIK.ID - Hubungan pasangan suami istri tidak selalu mulus, ada saja masalah yang seringkali terjadi. Maka penting mengetahui cara menjaga rumah tangga tetap harmonis.

Pada umumnya, dikutip dari parapuan.com, setiap pasangan tentu menginginkan hubungan suami istri yang harmonis.

Namun, ada juga pernikahan yang rumah tangganya tidak berjalan bahagia.

Ada banyak faktor mengapa kondisi ini bisa terjadi. Mulai dari kurang menghargai komitmen hubungan suami istri, perselingkuhan, hingga faktor ekonomi yang juga bisa jadi penyebabnya.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara menjaga rumah tangga tetap harmonis.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Mengontrol Gula Darah

Melansir cnnindonesia.com, berikut beberapa tips untuk mempererat hubungan suami istri yang dapat membuat rumah tangga lebih harmonis:

1. Minta maaf

Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan, begitu pula dalam hubungan suami istri. Anda atau pasangan bisa saja melakukan kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak.

Oleh sebab itu, cobalah untuk saling memaafkan. Ketika membuat kesalahan, usahakan untuk selalu minta maaf dan segera memperbaikinya.

2. Menjaga komunikasi

Dilansir dari laman American Psychological Association, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah komunikasi. Terlebih jika selama ini, kerap muncul konflik akibat kesalahpahaman, maka Anda dan pasangan harus mulai memperbaiki komunikasi.

Pasalnya, komunikasi merupakan kunci utama dalam sebuah hubungan. Anda dan pasangan bisa meluangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk saling bicara dari hati ke hati membahas apa saja, bisa impian, hobi, atau perasaan masing-masing.

3. Saling menghormati

Cara mempererat hubungan suami istri berikutnya adalah saling menghormati. Dengan saling menghormati, hubungan yang baik dan harmonis pun akan tercipta.

Anda dan pasangan bisa saling menghargai keputusan masing-masing mengenai suatu hal. Bisa juga dengan menghormati perbedaan pendapat.

4. Kencan romantis

Setelah menikah, mungkin waktu lebih banyak tersita oleh pekerjaan dan kegiatan rumah tangga. Namun usahakan untuk jalan berdua sesekali untuk mempererat hubungan, seperti yang dikutip dari Hopkins Medicine.

Kencan romantis sendiri tidak perlu makan malam ke restoran mewah. Anda dan pasangan bisa melakukan kegiatan sederhana seperti menonton ke bioskop, melihat konser atau sekadar melakukan hobi bersama di rumah, seperti menonton serial dan memasak bersama.

5. Menjaga keintiman di ranjang

Cara mempererat hubungan suami istri yang berikutnya ini sangat penting yakni menjaga keintiman di ranjang.

Menjaga keintiman di ranjang penting untuk menjaga hubungan suami istri tetap harmonis. Anda dan pasangan bisa mendiskusikan terlebih dahulu mengenai ekspektasi dan preferensi saat berhubungan seksual.

6. Liburan bersama

Berlibur bersama pasangan juga dapat menjadi cara menjaga keintiman suami istri. Anda dan pasangan bisa memilih destinasi yang diinginkan untuk berlibur bersama selama beberapa hari.

Anda dapat mengajak serta buah hati atau menitipkannya kepada orang terdekat yang bisa dipercaya.

Baca Juga: Simak 5 Tips Beli Rumah untuk Pertama Kali

7. Memberikan hadiah

Memberikan hadiah kepada pasangan tidak hanya dapat dilakukan di momen-momen tertentu. Anda juga dapat memberikannya di hari-hari biasa.

Hal tersebut bertujuan untuk mengapresiasi kehadiran dia dalam hidup Anda sekaligus sebagai pertanda bahwa ia berharga dalam hidup Anda.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar hubungan harmonisasi suami istri tetap terjaga. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga