5 Tips Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 18 April 2024
0 dilihat
5 Tips Semangat Kerja Setelah Libur Lebaran
Semangat kerja harus bisa ditumbuhkan pasca liburan panjang. Foto: Repro Freepik/azerbaijan_stockers

" Post vacation blues dapat menimbulkan gejala lelah, malas, kehilangan nafsu makan, dan perasaan nostalgia akan momen liburan "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah menikmati liburan Lebaran, biasanya kembali masuk kantor sedikit rasa malas. Namun ada cara tertentu untuk semangat kembali bekerja pasca liburan.

Pada umumnya, dikutip dari klikdokter.com, setelah libur panjang, kadang rasanya menyebalkan dan bikin bad mood bila ingat harus kembali masuk kerja.

Rasa malas kembali bekerja setelah liburan panjang disebut post vacation blues. Semakin lama libur, kamu akan semakin lama merasakannya.

Post vacation blues dapat menimbulkan gejala lelah, malas, kehilangan nafsu makan, dan perasaan nostalgia akan momen liburan. Terlebih lagi, pada beberapa kasus, hal ini bisa berakhir depresi.

Kondisi tersebut dapat terjadi karena ketika kembali ke rumah dan menjalani rutinitas, kamu menyadari betapa kehidupan kadang bisa membosankan dan kurang menarik. 

Lantas, apa yang harus dilakukan agar semangat bekerja bisa kembali setelah liburan panjang Lebaran?

Baca Juga: 7 Tips Pola Makan Pasca Lebaran

Melansir kemkes.go.id yang merangkum dari Forbes, Inc, dan Kementerian Kesehatan, berikut beberapa tips agar semangat bekerja setelah libur Lebaran:

1. Mulai dengan olahraga ringan

Sebelum mulai kerja hari pertama usai liburan, sempatkan diri untuk melakukan aktivitas olahraga ringan pada pagi hari. Aktivitas tersebut membantu melepaskan hormon stres, termasuk mengurangi risiko post holiday blues perasaan sedih dan kehilangan setelah kembali ke rutinitas kerja.

Olahraga ringan dapat dilakukan pada pagi hari sebelum bekerja seperti jogging, jalan santai, yoga, maupun meditasi singkat.

2. Mempersiapkan perlengkapan kantor lebih awal

Disarankan untuk mempersiapkan perlengkapan kantor lebih awal, atau bahkan pada malam hari sebelum bekerja. Hal ini bertujuannya agar tidak terburu-buru pada hari pertama masuk kerja.

Sebab, sebab ketika kita terburu-buru ke kantor dikhawatirkan akan ada beberapa perlengkapan yang tertinggal dan bisa merusak mood, sehingga membuat hari pertama kerja menjadi berantakan.

3. Mulai dari pekerjaan paling mudah

Pilih pekerjaan ringan pada hari pertama usai liburan panjang. Kamu juga bisa menyelesaikan tugas-tugas lama yang belum selesai. Pemilihan tugas yang ringan ini akan membantu kamu mempersiapkan fokus secara perlahan.

Selain itu, tugas-tugas ringan akan membangun kepercayaan diri untuk mengerjakan tugas usai liburan panjang.

4. Membuat To-Do List

Sebelum kamu membuka laptop dan mengecek semua email masuk, sebaiknya lebih dulu tuliskan target pekerjaan dalam sepekan. Target tersebut mungkin bisa berubah, namun setidaknya membantu kamu untuk mengetahui tugas yang harus dikerjakan.

Baca Juga: 4 Cara Atasi Rasa Dendam pada Orang Lain

Adapun target pekerjaan dalam sepekan tersebut bisa disusun berdasarkan prioritas. Kemudian, kerjakan tugas tersebut sesuai dengan prioritasnya.

5. Berinteraksi dengan rekan kantor

Interaksi dengan rekan kantor dapat membantu kamu memupuk semangat sebelum bekerja. Kamu bisa menceritakan pengalaman libur Lebaran, seperti perjalanan mudik ke kampung halaman.

Sebaliknya, kamu juga bisa bertanya seputar pengalaman liburan rekan kerja. Obrolan ringan tersebut dapat membantu kamu bersemangat saat mulai bekerja.

Nah, itulah beberapa tips semangat bekerja setelah libur Lebaran. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga