Simak 7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 11 November 2022
0 dilihat
Simak 7 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur
Banyak manfaat yang dapat diperoleh jika rutin mengkonsumsi susu sebelum tidur. Foto: Repro prenagen.com

" Susu menjadi salah satu minuman yang baik dikonsumsi setiap orang. Bukan hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Susu menjadi salah satu minuman yang baik dikonsumsi setiap orang. Bukan hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Dikutip dari doktersehat.com, pada dasarnya susu sapi merupakan sumber mineral esensial yang sangat baik. Dalam satu cangkir (240 ml) dengan dengan 3,25 persen lemak.

Selain kandungan gizi susu seperti di atas, kandungan lain yang ada di dalamnya, antara lain karbohidrat, lemak, protein, Kasein,Whey Protein, Vitamin B12, Kalsium, Riboflavin, Fosfor, Vitamin D.

Baca Juga: 4 Jenis Olahraga Ini Bisa Atasi Sakit Kepala, Wajib Coba

Melansir yoursay.id dari HelloSehat dan Alodokter, berikut beberapa manfaat meminum susu sebelum tidur yang bisa diperoleh:

1. Membuat tubuhmu lebih tenang dan tidur lebih pulas

Salah satu kandungan susu adalah zat melatonin dan triprofan. Dilansir dari situs National Center for Complementary and Integrative Health, melatonin adalah hormon yang diproduksi sebagai respons kegelapan.

Hormon ini membantu kamu tertidur dengan pulas. Sedangkan, triprofan merupakan asam amino yang kemudian diolah menjadi serotonin. Hormon serotonin ini akan membuat kamu merasa tenang, nyaman, serta dapat mengurasi stres.

Bagi kamu yang sulit tidur di malam hari, kamu bisa mencoba mengonsumsi sebelum tidur.

2. Mencegah rasa lapar tengah malam

Biasanya setelah makan malam, kamu akan beraktivitas kembali. Aktivitas ini memerlukan energi yang cukup, dan kadang kamu kembali merasa lapar meski sudah tengah malam.

Minum susu sebelum tidur dapat mencegah kamu merasa lapar tengah malam karena kandungan karbohidrat dan proteinnya yang diolah menjadi sumber energi dan mempertahankan rasa kenyang.

3. Menaikkan berat badan

Susu bisa menjadi alternatif untuk menambah berat badan. Karena dalam susu terkandung gula berupa laktosa yang akan membuat berat kamu bertambah.

Jadi, jika kamu sedang berdiet lalu tidak ingin mengonsumsi laktosa secara berlebihan yang terdapat dalam susu, kamu bisa memilih susu rendah lemak dan rendah gula.

4. Meminimalisir nyeri haid

Pada setiap perempuan, nyeri haid atau dismenore yang dirasakannya berbeda-beda. Ada yang merasa sedikit sakit, tetapi ada juga yang lebih parah.

Untuk mengatasi itu, kamu bisa minum susu hangat sebelum tidur ketika haid. Susu ini dapat meminimalisir nyeri haid yang kamu alami sebesar 48 Persen.

5. Melembapkan kulit

Susu dapat meningkatkan efektivitas asam laktat di dalam tubuhmu yang berfungsi untuk mengangkat kulit mati. Selain asam laktat, susu juga mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

Baca Juga: Mengenal 3 Jenis Obat Tradisional yang Umum Dikonsumsi Orang Indonesia

6. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Manfaat yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga banyak orang. Karena orang sudah tahu bahwa susu merupakan sumber protein, vitamin D, dan kalsium yang tinggi.

7. Membuat tubuh berenergi

Kandungan yang terdapat dalam susu sebagian akan diolah tubuh menjadi energi dan sebagian lainnya disimpan. Cadangan energi yang disimpan ini membuat kamu merasa berenergi ketika bangun tidur.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh ketika rutin minum susu sebelum tidur. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga