Simulasi Pemungutan Suara, KPU Muna Barat Jadikan Patokan Saat Pemilu

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 24 Januari 2024
0 dilihat
Simulasi Pemungutan Suara, KPU Muna Barat Jadikan Patokan Saat Pemilu
Proses simulasi pemungutan suara yang dilakukan oleh KPU Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" KPU Muna Barat menjadikan simulasi pemungutan suara sebagai patokan untuk melihat kendala yang dialami oleh badan ad hock selama dilakukan pemungutan suara "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - KPU Muna Barat menjadikan simulasi pemungutan suara sebagai patokan untuk melihat kendala yang dialami oleh badan ad hock selama dilakukan pemungutan suara.

Simulasi pemungutan suara dilakukan di Balai Desa Wapae Jaya, Kecamatan Tiworo Tengah, Kabupaten Muna Barat, Rabu (24/1/2024).

Pantauan Telisik.id, simulasi pemungutan suara dilaksanakan sekira pukul 07.00 Wita, dimulai dari KPPS 1-3 bertugas memastikan penandatanganan surat suara, pembagian surat suara, keabsahan surat suara, pencatatan jumlah pemilih, surat suara, dan sertifikat hasil perhitungan suara menggunakan formulir Model C1-KWK.

Kemudian, peserta melakukan registrasi di KPPS 4-5 dan peserta menunggu panggilan untuk melakukan pencoblosan. Setelah nama peserta dipanggil, peserta diberikan lima kertas suara berupa surat suara paslon presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Baca Juga: Permantap Kesiapan Pemilu, KPU Muna Barat Bimtek PPK dan PPS

Selanjutnya, peserta dipersilakan ke bilik suara dan melakukan pencoblosan dan menaruh ke kotak suara, serta  di arahkan ke KPPS 7 untuk diberikan tinta di jari tangan sebagai tanda sudah mencoblos.

Selanjutnya, hasil pemungutan dan perhitungan suara atau C1- hasil diupload ke aplikasi Sirekap mobile yang dilakukan oleh KPPS masing - masing. Kemudian Sirekap mobile yang dilakukan KPPS akan masuk ke Sirekap web yang dipegang PPK untuk diplenokan.

Setelah masuk di PPK maka akan diteruskan di Sirekap Web yang dipegang KPU Muna Barat.

DPT registrasi juga dilakukan mulai pukul 07.00 pagi sampai pukul 13.00 WITA, kemudian DPTB dan DPK registrasi dari pukul 12.00 Wita - pukul 01.00 Wita.

Ketua KPU Muna Barat, Tajudin mengatakan, simulasi yang dilaksanakan saat ini dilakukan serentak seluruh Indonesia.

Untuk di Muna Barat, simulasi seharusnya dilakukan di tiga wilayah besar, hanya saja pihaknya lakukan simulasi untuk wilayah Tiworo.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Gandeng Biro SDM Polda Sulawesi Tenggara Ringankan Siswa Masuk Sekolah Dinas

"Ini persiapan pemilu nanti, simulasi dilakukan terkait tata cara penguatan dan penghitungan suara, serta penggunaan sirekap," ungkapnya, Rabu (24/1/2024).

Sementara itu, Kadiv teknis penyelenggaraan KPU Muna Barat, Akbar M. Dani mengatakan, simulasi pemungutan suara ini dihadiri oleh 69 dari 110 wajib pilih yang ada di Desa Wapae, Kecamatan Tiworo Tengah.

"Artinya yang kita undang ini merupakan pemilih real yang ada di desa ini," ujarnya.

Kemudian, untuk badan ad hock yaitu jumlah KPPS dari 1-7 ditambah PTPS, PPK, dan PPS se kecamatan Tiworo Raya. Tugas PPS itu dilibatkan dalam proses perhitungan suara. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga