Siswa SD Ini Rela jadi Pengemis demi Beli Obat Ibunya

Sarfia, telisik indonesia
Senin, 05 Agustus 2024
0 dilihat
Siswa SD Ini Rela jadi Pengemis demi Beli Obat Ibunya
Putri, mengemis demi membantu orang tuanya yang sedang sakit. Foto: Sarfia/Telisik

" Putri yang masih duduk di bangku kelas 5 SD terpaksa mengemis untuk membantu orang tuanya "

KENDARI, TELISIK.ID - Sampai saat ini permasalahan anak jalanan masih menjadi polemik sosial yang belum terselesaikan. Salah satu penyebabnya adalah kemiskinan yang masih menjadi permasalahan masyarakat Indonesia.

Beberapa tempat di Kota Kendari khususnya di lampu merah, dijadikan sebagai ladang mencari uang dengan cara meminta-minta seperti mengamen, mengemis dan yang lebih mendominasi adalah anak di bawah umur.

Putri (13) yang masih duduk di bangku kelas 5 SD merupakan salah satu anak yang terpaksa menjadi pengemis dengan alasan keterbatasan ekonomi.

Putri mengatakan, hal ini dilakukan untuk  membantu sang ayah memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya pengobatan ibunya yang sedang sakit.

Baca Juga: Jualan Es Krim dan Tukang Kayu Dilakoni demi Hidupi Dua Anak

Baca Juga: Kisah Wanita Paruh Baya Menjual di Pelabuhan dengan Berkeliling

“Saya lakukan ini untuk bantu mamaku cari uang untuk beli beras sama beli obatnya mamaku karena dia lagi sakit sekarang,” kata Putri, Minggu (4/8/2024).

Putri melakukan rutinitas setiap harinya dengan naik ojek online ke tempat yang berbeda-beda. Sejak sepulang sekolah pukul 12.00 Wita siang hingga pukul 18.00 sore. Hasil yang didapatkan setiap harinya berkisar antara RP 50 ribu hingga Rp 100 ribu per hari. Ia melakukan ini tidak sendirian, melainkan bersama beberapa saudaranya.

“Seharusnya anak-anak seperti Putri fokus sekolah, belajar dan bermain, tidak harus bekerja untuk membantu orang tua,” ungkap Umarsy, salah seorang masyarakat Kota Kendari.

Dia rela mengesampingkan rasa malu dan kehilangan waktu bermainnya demi mencari uang untuk menambah penghasilan orang tuanya. (B)

Penulis: Sarfia

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga