SKI-Sudirman: Tes Wawancara Paling Menarik di Psikotes, Mirip Debat Pilkada

Nur Fauzia, telisik indonesia
Minggu, 01 September 2024
0 dilihat
SKI-Sudirman: Tes Wawancara Paling Menarik di Psikotes, Mirip Debat Pilkada
Bapaslon SKI-Sudirman usai mengikuti psikotes di RSUD Kota Kendari. Foto: Nur Fauzia/Telisik

" Setelah menyelesaikan 13 rangkaian tes kesehatan, Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran (SKI) dan Sudirman, mengikuti psikotes di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Setelah menyelesaikan 13 rangkaian tes kesehatan, Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, Siska Karina Imran (SKI) dan Sudirman, mengikuti psikotes di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Minggu (1/9/2024).

Calon Wali Kota Kendari, SKI, mengungkapkan bahwa dengan selesainya tes psikologi, seluruh rangkaian tes kesehatan sebagai syarat pencalonan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) telah selesai.

Menurut SKI, pertanyaan yang paling menarik dalam psikotes adalah saat tes wawancara. Ia merasa seolah sedang mengikuti debat kandidat tanpa audiens.

Baca Juga: Bapaslon Andi Muhammad Lutfi - Muhammad Rijal Usung Program Kuliah Gratis untuk Warga Konawe Kepulauan

Sudirman sependapat dengan SKI, menyebutkan bahwa tes wawancara adalah bagian paling menarik karena menguji konsistensi jawaban yang diberikan selama psikotes.

Ia juga menjelaskan bahwa psikotes terdiri dari berbagai tipe tes, mulai dari soal-soal, menggambar, menghitung, hingga wawancara. Baginya, psikotes sangat menantang karena memerlukan konsentrasi tinggi dan ketepatan jawaban, yang mencerminkan kepribadian peserta.

Baca Juga: Telisik.id Buka Polling Pilwali Kota Kendari 2024, Siapa Pilihanmu?

"Tes ini memang menilai emosional calon pemimpin. Pertanyaan-pertanyaan awal sering kali muncul kembali di ujung tes untuk menguji konsistensi," ungkapnya.

Sudirman menambahkan bahwa beberapa kendala muncul selama pengerjaan soal, yang dianggap sebagai bagian dari proses untuk menguji kemampuan pemimpin dalam mencari solusi atas masalah.

"Panitia KPU bekerja keras dalam menseleksi calon-calon yang benar-benar layak untuk menjadi pemimpin Kota Kendari," pungkasnya. (B)

Penulis: Nur Fauzia

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga