SNMPTN 2021, 3.394 Siswa Asal Jatim Lolos Lewat Jalur KIP Kuliah

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Rabu, 24 Maret 2021
0 dilihat
SNMPTN 2021, 3.394 Siswa Asal Jatim Lolos Lewat Jalur KIP Kuliah
Daftar penerimaan PTN di Indonesia Foto: Repro dispendik jatim

" KIP Kuliah menjadi semacam oase bagi siswa kurang mampu, tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Dengan memanfaatkan program tersebut, calon mahasiswa dapat kuliah di PTN favorit manapun yang dikehendaki dengan biaya pemerintah. "

SURABAYA, TELISIK.ID - Sebanyak 3.394 siswa asal Jawa Timur (Jatim), dinyatakan lolos pada KIP Kuliah SNMPTN 2021.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan, berdasarkan keterangan resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), jumlah peserta KIP Kuliah SNMPTN 2021 sebanyak 134.134 siswa.

Sedangkan jumlah peserta KIP Kuliah SNMPTN 2021 yang dinyatakan lolos sebanyak 29.904 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.394 orang merupakan siswa asal Jatim dari total pendaftar.

“KIP Kuliah menjadi semacam oase bagi siswa kurang mampu, tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Dengan memanfaatkan program tersebut, calon mahasiswa dapat kuliah di PTN favorit manapun yang dikehendaki dengan biaya pemerintah,” jelasnya, Rabu (24/3/2021).

Mantan Mensos ini minta siswa yang diterima melalui jalur KIP dapat terus berprestasi, sehingga mampu membanggakan keluarga sekaligus mengangkat derajat keluarga.

Baca Juga: 7 Calon Rektor UHO Penantang Petahana Sudah Daftarkan Diri

Dengan begitu, setelah lulus nanti dan bekerja, mereka bisa keluar dari status “keluarga kurang mampu” menjadi sejahtera.

“Saya ucapkan selamat kepada semua calon mahasiswa baru asal Jatim yang diterima. Yang belum lulus, masih ada kesempatan mengikuti tahapan seleksi berikutnya, UTBK SBMPT,” kata orang nomor satu di Jatim ini.

Untuk diketahui, KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, yang memiliki potensi akademik baik, tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Adapun KIP Kuliah dikhususkan untuk calon mahasiswa/lulusan SMA sederajat tahun berjalan atau lulus dua tahun sebelumnya. (B)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga