Soal Netralitas, Polres Muna Jalankan Intruksi Kapolri

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 17 Desember 2023
0 dilihat
Soal Netralitas, Polres Muna Jalankan Intruksi Kapolri
Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin saat pendatanganan netralitas bersama pemda setempat. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan pada seluruh anggotanya untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024 "

MUNA, TELISIK.ID - Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan pada seluruh anggotanya untuk menjaga netralitas dalam Pemilu 2024.

Melalui Karo Wabprof Divisi Propam Polri, Brigjen Agus Wijayanto, kapolri menekankan pada anggota Polri mempedomani prilaku netralitas termasuk soal konten di media sosial (medsos).

Banyak larangan dalam pedoman yang dikeluarkan tersebut. Di antaranya, larangan berfoto dengan pasangan calon dan mengomentari foto pasangan calon di medsos.

Baca Juga: Pejabat di Muna Diingatkan Tak Singgung Pemilu di Medsos

"Foto bersama paslon, dilarang foto selfie dengan pose yang berpotensi menuding keberpihakan Polri terhadap parpol. Mempromosikan, menanggapi, menyebarluaskan gambar foto paslon via media massa, media online, media sosial, itu salah satunya," kata Agus, Minggu (17/12/2023) dalan siaran persnya.

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin menegaskan, terkait arahan dan petunjuk netralitas Polri, pihaknya wajib melaksanakan.

"Apa yang menjadi intruksi pimpinan, kami wajib laksanakan," kata Mulkaifin.

Ia tak henti-hentinya mengingatkan anggotanya agar tidak terlibat dalam politik praktis dengan memihak pada peserta pemilu. Bila ada yang terbukti, akan diberikan sanksi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga: Pulau Bero Muna Barat Kini Dialiri Listrik

"Anggota jangan ada yang berani main-main," tegasnya.

Dalam menjaga netralitas, pihaknya bersama TNI, Pemerintah Daerah (Pemda) Muna, Muna Barat,  penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu), tokoh masyarakat, organisasi pemuda dan mahasiswa telah melakukan penandatanganan netralitas.

"Kami juga bersama TNI, akan berupaya maksimal untuk menyukseskan pemilu," tandasnya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga