Pulau Bero Muna Barat Kini Dialiri Listrik

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 16 Desember 2023
0 dilihat
Pulau Bero Muna Barat Kini Dialiri Listrik
Pj Bupati Muna Barat saat meresmikan PLTS di Pulau Bero, Desa Mandike, Tiworo Utara. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Keluhkan selama ini tak pernah dialiri listrik, Pemda Muna Barat hadirkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Bero, Desa Mandike, Kecamatan Tiworo Utara "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Keluhkan selama ini tak pernah dialiri listrik, Pemda Muna Barat hadirkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Bero, Desa Mandike, Kecamatan Tiworo Utara.

Masyarakat di Desa Mandike keluhkan tak pernah mendapat bantuan PLTS atau bantuan listrik lainnya sehingga di desa tersebut tak dialiri listrik. Masyarakat di Desa Mandike hanya memanfaatkan genset sebagai penerangan tetapi dengan batas waktu.

"Kami biasanya memakai genset, itupun cuma hitungan satu sampai tiga jam, dari Magrib paling lama jam 9 malam," ungkap seorang warga, Rahman, Sabtu (16/12/2023).

Ia menjelaskan, genset yang dimiliki wargapun inisiatif dari pemilik rumah itu sendiri, sehingga dengan waktu penerangan hingga tiga jam itu tergantung dengan stok solar yang ada, terkadang masyarakat hanya menyetok dua hingga tiga liter per hari. Penyediaan stok solar itu hanya untuk digunakan mencharger handphone, dan kebutuhan barang elektronik yang tidak bertegangan tinggi.

Baca Juga: Universal Caverage Jamsostek Muna Barat Capai 95 Persen

Selanjutnya, Kepala Desa Mandike, Muhammad Kasim mengatakan, adanya PLTS ini baru terealisasi tahun 2023 ini tanpa ada usulan atau pengajuan proposal dari pihak pemerintah desa, pasalnya masyarakat di desanya pernah dijanjikan akan diberikan bantuan listrik namun tidak ada satupun yang terealisasi.

"Ini awalnya dari kunjungan Pj bupati yang saat itu melihat kondisi desa ini gelap saat jam 8 malam, sehingga pemda hadirkan PLTS ini," ungkapnya.

Kemudian untuk pengelolaan pemeliharaan ke depannya akan kembali dirapatkan sebab jika melalui Bumdes, belum terbentuk, sehingga ia komitmen untuk menggratiskan selama sebulan.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan dengan bantuan listrik ini dapat meningkatkan produktivitas masyarakat walaupun masih dalam kapasitas yang masif.

Bahri katakan, PLTS pulau Bero yang dikerjakan kurang lebih 2 bulan ini merupakan salah satu proyek strategis daerah yang memasok energi bersih untuk sistem kelistrikan wilayah pulau.

Baca Juga: Insentif Tenaga Honorer Puskesmas Lailangga Muna Barat Diduga Dipangkas

Selain itu, proyek ini juga akan memberikan kontribusi penambahan bauran energi baru terbarukan (EBT) sebagai wujud komitmen dan kepedulian daerah terhadap lingkungan, serta keberlanjutan serta PLTS ini dapat menghasilkan listrik untuk disalurkan ke lebih dari 127 rumah dan 8 fasilitas umum.

Selanjutnya, PLTS tersebut berkapasitas 20 kilo Watt peak (kWp) dibangun di atas luas lahan 440m² di Pulau Bero, Desa Mandike, Kecamatan Tiworo Utara.

Selanjutnya, Kabag Ekonomi Setda Muna Barat, Nurutin mengatakan, pemda hadirkan PLTS di Desa Mandike, pulau Bero tanpa berkolaborasi dengan PT PLN, tetapi berdiri secara mandiri dengan total anggaran Rp 4 miliar yang dibagi atas perencanaan, pemeliharaan fisik, dan pengawasan.

"Kapasitas 350 Watt per rumah, dan untuk fasilitas umum di atas 350 Watt," pungkasnya. (A-Adv)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga