Sosok Amran Sulaiman, Menteri Pertanian Pengganti SYL

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Sabtu, 28 Oktober 2023
0 dilihat
Sosok Amran Sulaiman, Menteri Pertanian Pengganti SYL
Amran Sulaiman saat dilantik oleh Presiden Jokowi menggantikan SYL yang terjerat kasus korupsi. Foto: Ig/Jokowi

" Setelah Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) terjerat kasus korupsi oleh KPK. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian "

JAKARTA, TELISIK.ID - Setelah Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) terjerat kasus korupsi oleh KPK. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian, Rabu (22/10/2023).

Berikut Telisik.id merangkum sosok Amran Sulaiman.

Dikutip dari berbagai sumber, Amran Sulaiman yang memiliki nama lengkap Andi Amran Sulaiman merupakan seorang pengusaha berkebangsaan Indonesia yang sebelumnya juga pernah memangku jabatan tersebut pada 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019. Sebelum menjadi menteri, ia adalah pemimpin Tiran Group, sebuah perusahaan konglomerat yang bermarkas di Makassar ini sebagian besar beroperasi di Indonesia Timur menjadikannya menteri terkaya yang diangkat ke kabinet baru.

Baca Juga: Sosok dan Harta Kekayaan Mahfud MD, Menkopolhukam yang Kini Cawapres Ganjar Pranowo

Dikutip dari Detikcom, selama masa jabatannya, Amran mampu mencatat peningkatan keseluruhan nilai ekspor pertanian hingga Rp 1.764 triliun. Dari nilai ekspor tersebut, produk perkebunan paling dominan.

Amran Sulaiman sendiri lahir di Bone, Sulawesi Selatan pada 27 April 1968. Dirinya juga tercatat sebagai dosen Ilmu Pertanian di Universitas Hasanuddin (Unhas). Amran sendiri diketahui menuntaskan pendidikan S1 pertanian di Universitas Hasanuddin pada 1988-1993. Setelah itu, dia melanjutkan S2 pertanian di Unhas pada 2002-2023, kemudian meneruskan jenjang S3 Ilmu Pertanian di Unhas pada 2008-2012.

Pada awal karirnya, Amran bekerja di PT Perkebunan Nusantara XIV dan menjadi dosen di Unhas. Setelah mengabdi selama 15 tahun, Amran meninggalkan perusahaan dan mendirikan bisnis sendiri. Dia memulai bisnis sebagai produsen racun tikus dengan paten 'Tiran'. Tiran adalah akronim dari Tikus diracun Amran. Usahanya berkembang pesat dan menjadi Grup Tiran.

Selain racun tikus, Amran diketahui memegang bisnis sawit, emas, tebu, nikel dan timah hitam. Saat menjabat menjadi Mentan, Amran dikenal dengan berbagai programnya a.l. swasembada 4 komoditas pangan utama yaitu beras, jagung, kedelai, dan gula dalam waktu 3 tahun dan perbaikan sistem irigasi di 11 provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Sosok Resta Sastra Dewa, Duta Bahasa Nasional Sulawesi Tenggara 2023

Di balik sosok Andi Amran Sulaiman yang cerdas dan jujur, ada seorang wanita bernama IR. Hj. Martati yang senantiasa mendampinginya. Dari pernikahannya dengan Martati, dia kini telah dianugerahi empat anak, yaitu Andi Amar Ma'ruf, Andi Athira, Andi Muh. Anugrah, dan Andi Humairah.

Selain itu, Adiknya, Andi Sudirman Sulaiman menjadi Wakil Gubernur Sulawesi Selatan di bawah Gubernur Nurdin Abdullah. Ia kemudian naik menjadi Gubernur setelah Nurdin ditangkap dan dibui karena kasus korupsi.

Andi Amran Sulaiman juga kerap dikaitkan dengan kemenangan Jokowi dalam pemilihan presiden tahun 2014. Hal itu tak lepas dari keputusannya untuk terlibat secara penuh sebagai koordinator relawan Sahabat Rakyat KTI. Yang kemudian disebut-sebut sebagai ujung tombak pemenangan Jokowi-JK di Kawasan Timur Indonesia. (C)

Penulis: Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga