Sosok Nurfadillah, Mahasiswa Berprestasi UHO Kendari Tingkat Sarjana 2023

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Selasa, 27 Juni 2023
0 dilihat
Sosok Nurfadillah, Mahasiswa Berprestasi UHO Kendari Tingkat Sarjana 2023
Nurfadillah, mahasiswa berprestasi UHO Kendari yang juga aktif sebagai Duta Genre Kabupaten Bombana. Foto: Kolase

" Ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2023 tingkat Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari telah dilaksanakan pada Maret 2023 lalu "

KENDARI, TELISIK.ID - Ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2023 tingkat Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari telah dilaksanakan pada Maret 2023 lalu, dengan mahasiswa perwakilan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Nurfadillah keluar menjadi pemenangnya.

Nurfadillah atau yang kerap disapa Dilla ini merupakan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi angkatan tahun 2022. Dilla sendiri merupakan putri dari Desa Langkema, Kecamatan Kabaena Selatan, Kabupaten Bombana. Gadis ini lahir di desa tersebut pada 3 Juni 2004 lalu.

Dilla sendiri sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) memiliki ketertarikan dalam dunia public speaking. Dirinya kerap membuat vlog dan mengikuti berbagai lomba seperti baca puisi, pidato, ceramah dan sebagainya di bidang public speaking. Selain itu dirinya juga menyukai kegiatan membaca berita atau News Anchor.

Kepada Telisik.id, Dilla pertama kali menyadari kesukaannya tersebut saat diberikan tugas oleh guru SD-nya.

"Pernah ada tugas pas SD buat jadi reporter, Nah di situ saya ngerasa seru sekali buat cari info-info terupdate, akhirnya kepikiran buat nyoba baca berita, sampai di dengerin teman-teman dan orang tua," tuturnya via Whatsapp, Selasa (27/6/2023).

Baca Juga: Sosok Putri Ariani, Meraih Golden Buzzer di American's Got Talent dan jadi Penyanyi di Laga Argentina Vs Indonesia

Dengan terus mengasah skill news anchornya tersebut, ketika dirinya berada di akhir semester kelas 12, kemudian mengikuti lomba baca berita nasional berbasis online. Pada ajang tersebut dirinya kemudian mendapatkan juara dua tingkat nasional.

Tak bergampang puas, gadis lulusan Madrasah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kendari tersebut terus mengikuti lomba-lomba serupa dan meraih hasil yang cukup baik, di antaranya, Juara 1 Lomba News Anchor Semarak Teropong 

Tingkat Nasional tahun 2022, oleh UKM-LPM Teropong UMSU, Juara 1 Lomba News Anchor Educativ Tingkat Nasional tahun 2022, oleh UKM Pelita UNEJ, Juara 1 Lomba Pembaca Berita Langit Kesusastraan Tingkat Nasional tahun 2023, oleh HMJ PBSI UNHASY.

Terakhir, dirinya baru saja meraih juara 1 Lomba News Anchor Ganna Comunication Acalapati atau disingkat GCA 2023. Dengan tujuan untuk merayakan hari ulang tahun Ilmu Komunikasi Universitas Djuanda, yang diadakan oleh Himakom Universitas Djuanda, pada dilaksanakan 14 Mei hingga 7 Juni 2023 secara daring.

Selain, news anchor, Dilla juga aktif dalam dunia kepenulisan dan telah beberapa kali menerbitkan buku, di antarnya, cerpen dengan judul The Story Of Diamond tahun (2022), buku kumpulan puisi dengan judul Ikrar Tanpa Ingkar (2022) dan buku puisi Kuceritakan Sajak Bumi Padamu (2023).

Baca Juga: La Ode Ali Akbar, Seorang Wakil Rakyat Mantan Preman Jalanan

Dengan bebagai prestasi yang membanggakan tersebut, dirinya kemudian berhasil menjadi perwakilan UHO Kendari di ajang Pilmapres tingkat wilayah dengan gagasan kreatif berjudul "Perkawinan di Bawah Umur dan Tantangan Kesetaraan Gender dalam Upaya Pencapaian SDG's di Kabupaten Bombana"

Di sisi lain, Muhammad Khaerul Rijal yang juga merupakan mahasiswa berprestasi UHO 2020, berpesan kepada Dilla untuk terus berprestasi meskipun ajang Pilmapres telah selesai.

“Sehingga hal ini dapat dijadikan motivasi untuk tidak pernah berhenti berprestasi sebelum maupun sesudah Pilmapres, ” tuturnya via Whatsapp. (B)

Penulis: Ahmad Badaruddin 

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga