Stasiun Sistem Peringatan Dini Segera Dibangun di Konsel

Ashar Hamka, telisik indonesia
Kamis, 20 Januari 2022
0 dilihat
Stasiun Sistem Peringatan Dini Segera Dibangun di Konsel
Bupati Konsel, Surunuddin Dangga sesaat setelah penandatangan di Aula Mabes Bakamla RI, Jl. Proklamasi Nomor 56, Jakarta Pusat, Kamis (20/1/2022). Foto: Dinas Kominfo Konsel

" Bakamla RI berupa penyiapan lahan yang nantinya akan dijadikan lokasi pembangunan Stasiun SPD di Kabupaten Konsel "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Masyarakat Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), khususnya di bagian pesisir pantai bisa sedikit bernafas lega dalam hal keamanan dan keselamatan di laut. Sebab, jika tak ada aral Stasiun Sistem Peringatan Dini (SPD) bakal dibangun di Kecamatan Moramo Utara.

Guna mempercepat realisasinya, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, telah meneken Memorandum Of Understanding (MoU).

“Dalam upaya maksimalisasi pemantauan keamanan dan keselamatan laut nantinya pembangunan Stasiun SPD ini akan ditempatkan di Desa Tanjung Tiram Kecamatan Moramo Utara,“ ungkap Surunuddin Dangga sesaat setelah penandatangan di Aula Mabes Bakamla RI, Jalan Proklamasi Nomor 56, Jakarta Pusat, Kamis (20/1/2022).

Surunuddin menyampaikan bentuk kesiapannya dalam mendukung Bakamla RI berupa penyiapan lahan yang nantinya akan dijadikan lokasi pembangunan Stasiun SPD di Kabupaten Konsel.

"Kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kepercayaan Bakamla RI yang menunjuk Konsel sebagai wilayah pembangunan SPD ini," paparnya.

Baca Juga: Tekan Harga Minyak Goreng, Pemprov Jatim Berlakukan Kebijakan Satu Harga

Kata dia, fasilitas yang akan dibangun oleh Bakamla RI juga akan sangat bermanfaat dalam deteksi dini bencana dan akan menjadi upaya pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Konsel.

Baca Juga: Mengenal Sosok Hasni Tagili, Runner up Kompetisi Menulis Fiksi KBM App Asal Konawe

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr Aan Kurnia, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya memiliki program pembangunan SPD tersebar di seluruh Indonesia. Total ada 35 titik SPD dan Konsel termasuk di dalamnya.

“Rencananya akan berlokasi di Kecamatan Moramo Utara," ucap  Deputi Bidang Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksamana Muda Tatit E Witjaksono yang mewakili Kepala Bakamla RI.

Laksmana Muda Tatit menambahkan, penandatanganan nota kesepakatan dalam ranah peningkatan keamanan dan keselamatan di laut merupakan salah satu upaya kehadiran Bakamla RI dalam menjaga perairan Nusantara.

Penandatangan MoU tersebut Bupati Surunuddin didampingi oleh Kadis Perhubungan Budi Yuliarto Silondae, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Erna Yustiana, Kabag Hukum Pujiono dan Kabag Kerjasama Hasbi. (B)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga